pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Sumatera Selatan Bersatu Doakan Hujan: Sholawat Bersama Cegah Karhutla

336
×

Sumatera Selatan Bersatu Doakan Hujan: Sholawat Bersama Cegah Karhutla

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) bekerjasama dengan Pesantren Aulia Cendekia, BPBD, APP Sinar Mas, dan mitra pemasoknya mengadakan sholawat dan doa bersama di Kampus C Pesantren Aulia Cendekia Palembang, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

KH. Hendra Zainuddin Al Qodiri selaku Pengasuh Pesantren Aulia Cendekia menyampaikan bahwa doa dan sholawat akan terus dilanjutkan setiap hari oleh santri.

“Tujuannya agar Sumatera Selatan dan Indonesia terhindar dari karhutla. Kami juga mendoakan keselamatan Satgas Karhutla yang sedang berjuang di lapangan,” kata Hendra.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Selatan, Iriansyah, menekankan bahwa saat ini adalah puncak musim kemarau.

“Satgas Karhutla bekerja siang malam. Dampak karhutla adalah asap yang mengganggu kehidupan dan bisa merambah ke negara tetangga,” ujar Iriansyah.

Ia juga mengapresiasi kegiatan doa bersama ini.

“Kebakaran bisa dipadamkan dengan air, namun saat ini air terbatas dan hujan belum turun. Kami berdoa agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala segera menurunkan hujan,” terang dia.

Sebagai bagian dari upaya pencegahan, buku khutbah Jumat tentang lingkungan dan pencegahan karhutla diserahkan secara simbolis kepada TNI, Polri, BPBD, Dinas Kehutanan, dan pesantren.

Buku ini merupakan inisiatif dari APP Sinar Mas dan mitra pemasoknya di Sumatera Selatan, bekerjasama dengan Pesantren Aulia Cendekia dan instansi lainnya.

Iwan Setiawan mewakili mitra pemasok APP Sinar Mas di OKI menyatakan, buku tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Kami berharap khatib di masjid-masjid dapat mengajak masyarakat mencegah karhutla yang berdampak pada kabut asap, kerugian ekonomi, dan kesehatan,” tutup Iwan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *