oleh

Stok dan Harga Sembako di Sumsel Relatif Stabil

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel mengecek  ketersediaan stok pangan dipasaran, guna memastikan   stok pangan  dalam kondisi aman saatn menjelang puasa Ramadhan 1442 Hijriah, Senin (12/4/2021).

Mengawali  tinjauannya Herman Deru  dan rombongan mengecek ketersediaan stok Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar KM. 5 dan Pasar Lemabang. Bahkan untuk mendapatkan  info yang akurat, gubernur  melakukan dialog langsung dengan kalangan pedagang pasar. mulai dari  pedagang sayuran, cabai, pedagang daging dan ayam dan yang tidak kalah penting  dengan pedagang sembako.

“Hari ini kita kepasar kita kroscek harga. Alhamdulilah stok bahan pokok dalam kondisi aman terjaga. Yang tak kalah penting harga  beras, sayur-mayur dan lainnya tetap terkendali,” katanya.

Lebih  lanjut Herman Deru menyebut, dalam sidak pasarnya kali tidak tidak mendengar isu lonjakan harga. Bahkan untuk komoditi  sayur mayur harganya  justru turun. Begitu juga dengan  beras masih dalam kondisi pada kisaran   Rp 11 ribu untuk jenis premium.

Sementara untuk harga daging dia menyebut ada terjadi kenaikan harga. Namun masih dalam batas yang wajar. Karena kerap terjadi pada saat menjelang Ramadhan, hari raya atau hari besar keagamaan lainnya.

“Kalau untuk harga daging itu sudah klasik, setiap puasa atau mau lebaran pasti ada kenaikan tapi kenaikannya dal batas yang  wajar  tidak sampai lima persen pada kisaran Rp 130 ribu hingga Rp 140 ribu/Kg,” tambahnya.

Sedanagkan untuk harga   daging ayam ada kenaikan tapi di jenis tertentu seperti ayam potong merah ada kenaikan  dari harganya Rp. 35 ribu menjadi Rp. 40 ribu/ kg. Dia juga memastikan stok telur juga mencukupi dan dalam kondisi aman.

“Terimakasih  pada jajaranTNI/Polri , semua pihak yang terus menjaga stabilan harga. Hari ini saya bersama Forkopimda turun  langsung ke pasar-pasar  untuk menjelaskan ke masyarakat bahwa stok kita ini aman, jangan sampai terjadi panikan di tengah masyarakat,” terangnya.

Secara khusus Herman Deru  meminta kepada Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk tetap menjaga stok pangan agar tidak   terjadi goncangan atau lonjakan harga akibat  dari ulahoknum yang tidak bertanggungjawab.

“Bulog saya panggil jika terjadi fluktuasi harga yang tidak terkendala karena ulah oknum spikulan. Secepatnya Bulog bertindak dengan  menggelar operasi pasar,” tutupnya.

Sejumlah pedagang mengakui terjadi peningkatan permintaan menjelang bulan Ramdham. Taufik  salah satunya, pedagang ay pedaginh di pasar Lemabang ini mengakui telah terjadi kenaikan harga daging ayam pedaging sebesar Rp 5 ribu/ kg dari sebelumnya Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu/ kg. “Tapi kenaikan itu biasanya tidak lama nanti normal lagi,” ucapnya.

Hal yang senada juga diungkapkan pedagang sayuran di Pasar KM 5 Palembang. Menurut pedagang harga sayur mayur tetap stabil meski terjadi peningkatan permintaan. “Saat ini suplay sayur tetap normal. Sehingga stok banyak itu juga yang menjadikan harga sayuran tidak begitu naik harganya dari beberapa pekan sebelumnya,” pungkasnya. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya