oleh

Spesialis Perampas Mobil Lintas Kabupaten Dilumpuhkan

INDRALAYA I Petugas Reskrim Polsek Pemulutan dipimpin Kanit Res Bripka Zulkarnain Afianata berhasil mengamankan pelaku spesialis perampasan kendaraan roda empat lintas Kabupaten di wilayah Sumsel bernama Saipon alias Ipon alias Sutan (30), warga Desa Muncak Kabau Kecamatan Way Pemuka Bangsa Raja, Kabupaten OKU Timur.

Lantaran berlari dan melawan petugas saat ditangkap di BK 3 Buay Madang OKU Timur, akhirnya tersangka dilumpuhkan dengan dua butir timah panas yang bersarang pada bagian punggung kiri dan pinggang tersangka.

Sayangnya, rekan tersangka bernama Ek, berhasil lolos dari kejaran petugas dan masuk dalam daftar Pencarian Orang (DPO) Polsek Pemulutan.

Informasi yang dihimpun dilapangan, berawal dari laporan korban Sumwati (60), warga Desa Simpang Pelabuhan Dalam Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang mengklaim kehilangan satu unit mobil jenis Daihatsu Xenia warna hitam bernopol BG 1054 ZT pada Sabtu (26/3) lalu.

Dalam menjalankan aksinya, modus pencurian yang dilakukan komplotan Saipon cs dengan cara masuk ke dalam rumah korban Sumwati dengan cara mencongkel jendela yang sedang direhab.

Kemudian salah seorang pelaku mengambil kunci kontak mobil yang tersimpan di dalam laci lemari. Setelah mengambil kunci mobil, pelaku kabur dengan membawa lari mobil jenis Daihatsu Xenia milik korban.

“Tersangka Saipon ini diduga merupakan pelaku tindak kejahatan pencurian kendaraan roda empat yang sudah puluhan kali beraksi antara lain di wilayah Palembang dan Ogan Ilir. Bahkan tersangka tercatat pernah terlibat perampasan mobil jenis Toyota Terios warna hitam bernopol BG 1396 PR milik seorang anggota Polri Bripka Hermawan Agus, akhir September 2015 di Palembang berdasar LP/B/319/X/2015/Sumsel/Resort/Sek IB II/tertanggal 3 Oktober 2015 dengan cara mencongkel jendela rumah disaat penghuni sedang tidak ada di rumah lalu mengambil kunci kontak mobil dan membawa lari mobil itu,”kata Kapolres OI AKBP Denny Y Putro melalui Kapolsek Pemulutan AKP M Ali Asri Senin (29/3/2016).

Menurut Kapolsek, penangkapan tersangka berawal dari informasi dari korban kalau keberadaan mobil jenis Daihatsu Xenia milik korban dibawa kabur oleh pelaku ke arah Baturaja OKU Timur.

Kapolsek mengaku atas informasi itu petugas langsung melakukan pengintaian. Rupanya gerak gerik petrugas diketahui tersangka sehingga tersangka Saipon bersama rekannya Ek (DPO) langsung kabur dengan membawa mobil Xenia ke arah Buay Madang OKU Timur.

“Saat dikejar dan dicegat di tepi Sungai Rawa Bening Buay Madang, tersangka Saipon sempat meletuskan dua kali tembakan ke arah anggota hingga mengenai kaca bagian depan mobil hasil curian. Padahal sebelumnya kami telah memberikan tembakan peringatan ke udara. Tapi tidak diindahkan tersangka,”tutur Kapolsek.

Kapolsek juga meminta rekan tersangka berinisial Ek dapat menyerahkan diri ke petugas sebelum diambil tindakan tegas. (ST)

Komentar

Berita Lainnya