oleh

Soal Vaksin Covid-19, Ini Kata Kadinkes Sumsel

PALEMBANG I Kabar gembira datang dari dunia kesehatan. Setelah beberapa bulan terakhir warga Indonesia, terus mendapatkan kabar menakutkan karena wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), kini kabar bahagia datang karena pemerintah pusat bakal mendapatkan vaksin virus corona (COVID-19) pada akhir November. 

Vaksin yang bakal diterima pemerintah pusat ini, bakal diperuntukan bagi 1,5 juta jiwa di Indonesia. Terkait hal itu, Sumsel sendiri masih menunggu konfirmasi besaran vaksin yang mungkin juga akan didistribusikan ke Sumsel.

“Sampai saat ini belum ada informasi untuk vaksin di Sumsel,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini, Selasa (20/10/2020).

Jika nantinya sudah mengetahui jumlah vaksin yang mungkin akan didistribusikan ke Sumsel, pihaknya baru dapat memetakan besaran vaksin yang akan didistribusikan di Sumsel. Kendati demikian, pihaknya sudah punya gambaran besar, penerima vaksin Covid-19 ini, yang bisa dibagi menjadi enam kelompok.

“Mulai dari petugas medis yang menangani pasien Covid-19 sebanyak 1,31 juta orang. Petugas medis ini selama ini, kontak erat dengan pasien Covid-19. Target sasaran pada kelompok ini sudah ditetapkan sebanyak 50 ribu orang,” jelasnya.

Selanjutnya, petugas pelayanan publik dengan sasaran sebanyak 715 ribu orang. Untuk kelompok ini, pemerintah akan mendistribusikan vaksin dalam empat tahap. 

Untuk sasaran penerima vaksin untuk kategori ini, termasuk masyarakat umum di dalamnya, dengan jumlah 92,28 juta orang. Proses distribusinya dilakukan ke dalam lima tahap. 

Kemudian, yakni 4,36 juta tenaga dengan pendistribusian vaksin dalam dua tahap. Terakhir, penerima dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) dan legislatif sebanyak 3,72 juta orang.

“Nantinya, untuk pendistribusian vaksin biasanya diberikan arahan. Sebelumnya, kita juga sudah mendistribusikan vaksin lain, jadi saya kira kita bisa melakukan pendistribusian dengan optimal,” tuturnya. (Fen)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya