pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Siswi SMAN Sumsel Asal OKI Juara I UPSTRACT 5.0 Tingkat Asia Tenggara

107
×

Siswi SMAN Sumsel Asal OKI Juara I UPSTRACT 5.0 Tingkat Asia Tenggara

Sebarkan artikel ini
Dzakiyah Khairunnisa, Siswi SMAN Sumatera Selatan asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memenangi Kompetisi UPSTRACT 5.0 tahun 2023 tingkat Asia Tenggara.
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Dzakiyah Khairunnisa, Siswi SMAN Sumatera Selatan asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memenangi Kompetisi UPSTRACT 5.0 tahun 2023 tingkat Asia Tenggara.

UPSTRACT merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina.

Dalam acara ini adapun yang diperlombakan yakni Tiga kompetisi yaitu Kompetisi Fotografi, Teknologi Lingkungan Inovatif (INVIROLOGI) dan Kompetisi Videografi.

Kompetisi ini ditujukan untuk pelajar SMA dan mahasiswa S1 atau D3 se-Asia Tenggara.

Dzakiyah Khairunnisa, saat ditemui dikediamannya, menjelaskan, dalam mengikuti kompetisi tersebut dirinya dan timnya bersyukur mendapatkan juara I dari kategori Kompetisi Teknologi Lingkungan Inovatif.

Dijelaskannya, adapun inovasi yang ia pertandikan yakni diberi nama WEBE (IoT Based pH Water Communicator Using Telegram) to Encourage Society Controlling Raw Water Supply, yakni alat pengukur derajat keasaman air.

Jadi, alat tersebut akan mengukur derajat keasaman air, sehingga diketahui apakah air yang ada di lingkungan layak atau tidak di konsumsi, lalu informasi tersebut akan dikomunikasikan ke telegram, sehingga mudah diakses oleh masyarakat.

Ditambahkannya jadi dirinya berharap dengan adanya alat tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui kualitas sediaan air baku yang ada di sekitar untuk mengurangi peluang krisis air baku.

Putri pasangan Wakiman Djumadi Alm, dengan Srie Kencana Watie SPd, yang berdomisili di komplek DPRD ini menjelaskan dirinya mewakili SMAN I Sumatera Selatan, yang kala itu mendaftarkan tiga tim dan akhirnya timnya yang lolos yakni dirinya dengan Miftahur Rizki.

“Ya untuk satu tim kami berdua, alhamdulillah berhasil meraih juara I untuk Asia Tenggara,” Jelasnya.

Masih kata dia, setelah diikut sertakan dalam kompetisi tersebut dengan raihan juara satu, kini timnya berharap ada instansi yang ingin mengembangkan alat yang diberinama WEBE to Encourage Society Controlling Raw Water Supply, sehingga dapat diproduksi secara massal dan difungsikan semua masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *