pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Nasional

Sinergitas AMSI dan Dekranasda Bangkitkan Sektor UMKM di Provinsi Bali

46
×

Sinergitas AMSI dan Dekranasda Bangkitkan Sektor UMKM di Provinsi Bali

Sebarkan artikel ini
IMG-20210906-WA0016
pemkab muba

DENPASAR – Dalam upaya mendukung program pemulihan ekonomi oleh Pemerintah khususnya di Provinsi Bali pasca Pandemi COVID-19, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) daerah Bali menjalin sinergitas bersama Dewan Kerjanian Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Perindustrian dan Perdaganan (Disperindag) Provinsi Bali, untuk membantu mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau Industri Kecil Menengah (IKM).

Upaya ini berupa pemanfaatan platform digital yang mendukung langsung upaya percepatan pemulihan perekonomian di Provinsi Bali. Hal tersebut terlihat dengan adanya kegiatan audensi yang digelar oleh Dekranasda dan Disperindag Provinsi Bali bersama dengan AMSI Bali, yang bertempat di Art Center, Kota Denpasar, Senin (6/9/2021) siang.

Dalam kegiatan audensi tersebut, perwakilan perusahaan-perusahaan media online yang tergabung dalam AMSI Bali, diterima secara langsung kedatangannya oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster atau yang akrab disapa Bunda Koster yang didampingi Kadisperindag Provinsi Bali, Wayan Jarta, dengan tetap melaksanakan disiplin protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Mewakili seluruh anggota yang tergabung dalam asosiasi, Ketua AMSI Bali, Dr. I Nengah Muliarta. S.Si., M.Si., menjelaskan, kegiatan yang akan direncakan kedepan dalam sinergitas antara Dekranasda, Disperindag, dan AMSI Provinsi Bali, merupakan bentuk dukungan dari AMSI Bali untuk dapat berkontribusi langsung dalam pengembangan UMKM dan IKM berbasis digital di Provinsi Bali.

“Terutama pasca Pandemi Covid-19 ini, karena semua sudah mengarah ke digitalisasi, dan AMSI sendiri juga berkecimpung langsung di dunia digitalisasi, ya kita berharap bisa memberikan kotnribusi lah dalam pengembangan UMKM di Bali, sehingga UMKM ini nantinya bisa secara masif memanfaatkan platform digital dalam pengembangan bisnis dan pemasaran produk secara online,” jelas I Nengah Muliarta.

Mendapati hal ini, Ketua Dekranasda Bli, Ny. Putri Suastini Koster mengapresiasi rencana kegia ini. Menurutnya, sinergitas ini akan memberikan suatu dampak yang positif dalam upaya pengembangan UMKM dan IKM yang ada di Bali.

Dikatakannya, hal ini secara tidak langsung akan mampu memberikan edukasi positif kepada para pelaku dan pengerajin seni yang ada di Bali, melalui pemanfaatan platform digital untuk membantu mempromosikan hasil-hasil karya yang dimiliki ke mata Internasional, sehingga kedepannya diharapkan akan mampu mendorong pemulihan ekonomi di Bali pasca Pandemi Covid-19.

“Ini merupakan sinegritas yang positif. Dan kedepannya diharapkan, ini akan menjadi momentum pemulihan ekonomi yang sekaligus memperkenalkan produk-produk unggulan para pelaku UMKM Bali yang setelah sekian lama harus berdiam diri akibat pandemi. Ini juga merupakan ajang, bagi para pelaku UMKM yang nantinya bisa memasarkan produknya secara luas dan dapat menarik para konsumen yang ada diluar Bali, untuk mau dan bangga membeli produk asli buatan UMKM Bali,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Bali, Wayan Jarta menambahkan, sinergitas yang dilakukan bersama dengan AMSI Bali nantinya diharapkan akan memberikan pola baru bagi para pelaku UMKM dan IKM untuk tetap bisa menunjukan eksistensinya, dengan hanya merubah kebiasaan konvesional menuju modernisasi di era digital dengan tetap mempertahankan kualitas dan keaslian produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di Provinsi Bali.

“Sebelum adanya keputusan dari Pemerintah untuk membuka kembali pusat-pusat perekonomian yang ada di Bali, pemafaatan platform digital penting dilakukan oleh para pelaku UMKM di Bali, sehingga para pelaku tersebut bisa cepat beradaptasi dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini di kemudian hari. Selain itu, edukasi yang mendalam juga perlu dilakukan, yang kami harapkan akan mampu merubah kebiasaan konvesional menjadi lebih modern,” tutupnya. (Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *