oleh

Siguntang Fest 2021, Upaya Pemprov Sumsel Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal

* Wagub Mawardi Buka Siguntang Fest 2021

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kian konsisten mengangkat budaya, sejarah dan kearifan lokal di Sumsel. Bahkan, upaya untuk terus menghidupkan budaya dan kearifan lokal tersebut dituangkan melalui Siguntang Fest 2021.

Festival budaya yang terpusat di Taman Bukit Siguntang yang dibuka langsung Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya tersebut merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam mempertahankan budaya masyarakat Sumsel. Tidak hanya itu, hal itu juga sebagai langkah untuk meningkatkan kembali pertumbuhan pariwisata di Sumsel.

“Meskipun saat ini merupakan zaman modern, tapi budaya ini tidak boleh dilupakan. Oleh sebab itu, agar budaya di Sumsel ini tetap tumbuh, kita terus konsisten menggelar festival semacam ini,” kata Mawardi, Selasa (23/11).

Dia menyebut, saat ini Pemprov memang terus menggalakkan kegiatan budaya masyarakat lokal.

“Di festival inilah kita menampilkan budaya-budaya asli Sumsel. Ini juga menjadi sarana kita untuk mempromosikan budaya sehingga bisa diketahui daerah lain,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikannya, langkah ini juga merupakan jembatan edukasi sehingga masyarakat Sumsel lebih paham akan sejarah lokal.

“Saat ini banyak sejarah-sejarah yang belum diketahui masyarakat. Nah, ini kita sosialisasikan melalui kegiatan ini. Kita harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kembali pertumbuhan pariwisata di Sumsel,” ujarnya.

Terlebih, sambungnya, Sumsel sendiri nantinya akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) pada tahun 2022 mendatang. Hal itu juga tentunya berkaitan erat dengan budaya.

“Dalam fornas tersebut akan menyajikan olahraga rekreasi masyarakat yang saat ini sempat terlupakan seperti gobak sodor, layang-layang dan lainnya. Padahal permainan olahraga itu merupakan budaya kita pada masanya. Budaya-budaya semacam inilah yang harus kita tumbuhkan kembali.

Dia merinci setidaknya ada 46 kegiatan yang akan meramaikan Fornas tersebut. Presiden akan membuka langsung kegiatan itu. Fornas tersebut bukan pertandingan olahraga untuk prestasi melainkan rekreasi masyarakat.

Diketahui, Siguntang Fest merupakan festival tahunan yang digelar Pemprov Sumsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Tahun 2021 ini merupakan tahun kedua digelarnya kegiatan tersebut.

Mengusung tema “ Bukit Suci Sepanjang Masa” Siguntang Fest 2021 diharapkan dapat semakin mendorong pelestarian budaya yang telah tumbuh dan berkembang sejak jaman kerajaan Sriwijaya. Dimana Bukit Siguntang telah menjadi saksi sejarah dan memiliki peranan penting perkembangan Sumsel.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, selain diisi dengan kegiatan budaya, Siguntang Fest 2021 juga diisi dengan kegiatan olahraga rekreasi.

“Kami juga menggandeng berbagai pihak salah satunya ICSB. Di festival ini kita juga mengaktifkan ekonomi kreatif masyarakat dengan mengajak UMKM,” katanya.

Dia mengakui, saat ini Bukit Siguntang telah menjadi destinasi wisata baru di Sumsel khususnya Palembang.

“Bukit Siguntang ini sudah digandrungi wisatawan. Ini destinasi wisata sejarah yang harus terus kita lestarikan. Festival ini bukti kita untuk mengembalikan marwah Bukit Siguntang,” pungkasnya.

Turut hadir, Anggota DPRD Sumsel Saipul, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Sultan Raden Muhammad Fauwaz Diraja, dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya