oleh

Sepuluh Cara Mengundang Mimpi Indah Saat Tidur

Mimpi buruk adalah kemungkinan paling tak menyenangkan saat kita tertidur. Apalagi jika hal itu membuat kita terbangun di tengah malam, lalu sulit terlelap lagi.

Terlepas dari berbagai mitos dan makna-makna mimpi, sebenarnya mimpi buruk muncul salah satunya karena kita tidak mempersiapkan tidur sebagai kegiatan penting yang dibutuhkan dalam hidup. Orang yang terbiasa hidup sehat biasanya tahu ritual apa yang akan membuat mereka mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Berikut adalah 10 cara yang harus dilakukan menjelang tidur agar mimpi indah lebih mungkin hadir seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

1. Mandi

Temperatur tubuh sangat penting untuk menjaga keteraturan tubuh berdasarkan sejumlah penelitian. Tak seperti kepercayaan sebagian orang yang mengatakan mandi malam bisa menyebabkan nyeri tulang, mandi malam bisa membantu proses penyeimbangan suhu tubuh itu. Mandi air hangat akan membuat tubuh lebih relaks dan akhirnya akan memperbaiki kualitas tidur Anda.

2. Meditasi.  

Tenangkan pikiran dengan  sejenak berdoa atau bermeditasi. Praktek ini punya banyak manfaat kesehatan, di antaranya adalah kualitas tidur yang lebih baik. Coba mengulang-ulang beberapa mantra atau doa hingga Anda merasa sangat mengantuk dan kemudian tertidur.  Biasanya tertidur dalam kondisi ini akan membuat Anda terbangun lebih sehat keesokan harinya.

3. Menulis jurnal.

Jika masih ada waktu cukup banyak sebelum terlelap, cobalah untuk menulis sesuatu. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa menuliskan sesuatu yang membuat Anda stres secara psikologis  bisa membantu menjernihkan pikiran Anda. Tak hanya itu, menulis jurnal, diari atau buku harian juga bisa mendorong kemampuan pola pikir manusia.

4. Minum air putih.

Alkohol bukan minuman yang cocok untuk mengantarkan tidur. Meski memang beberapa jenis mengantarkan orang lebih cepat terlelap, namun sejumlah penelitian menemukan minuman ini akan menganggu tidur secara keseluruhan semalaman. Ganti wine dengan air putih, maka Anda akan bisa  tidur lebih nyenyak dan terhindar  dari kemungkinan dehidrasi sepanjang malam.

  1. Gosok gigi.

    American Dental Association merekomendasikan untuk menggosok gigi dua kali dalam sehari. Jika tidak, plaque dan bakteri akan dengan mudah terbentuk dan membuat tak haya nafas yang kurang sedap, tapi juga mengancam kesehatan secara keseluruhan.

    6. Olah raga

    Rutin berolah raga akan membuat tubuh lebih siap saat harus diistirahatkan. Kualitas tidur jadi lebih baik dan menghindarkan dari kemungkinan mimpi buruk.

    7. Jauhkan gawai.

    Tak hanya ponsel, sebaiknya di kamarpun tak ada televisi. Meski sekilas perangkat ini tak berbahaya, tapi sebenarnya cukup mengganggu. Sejumlah penelitian menyimpulkan cahaya yang berkedip dari ponsel, laptop dan layar televisi bisa mengganggu siklus tidur.

    Bahkan meski hanya beberapa menit memeriksa akun Instagram bisa merusak siklus tidur. Jika Anda sangat tergantung pada alarm ponsel untuk membangunkan di pagi hari, gantilah dengan jam dengan alarm biasa, dan letakkan ponsel di luar kamar tidur.

    8. Makan dengan bijak.

     

    Dulu orang percaya bahwa makan sebelum tidur tak baik untuk kesehatan. Padahal lapar itu tak enak, apalagi jika harus menahan lapar menjelang tidur.

    Mengatasinya Anda bisa memih cemilan yang khusus. Yakni yang rendah kalori dan bisa menjaga kadar gula darah selama Anda tertidur. Dari pada makan sebuah donat, pilihlah buah kiwi. Karena buah-buahan terbuktu bisa memperbaiki kualitas tidur.

    9. Siapkan tempat terbaik untuk tidur bagi hewan peliharaan Anda.

    Para ahli mengatakan tidur dengan hewan peliharaan akan membuat tidur Anda terganggu. Namun penelitian lain menyebutkan tidur berdekatan dengan hewan peliharaan justru akan membantu Anda lebih cepat terlelap.

    Ternyata semua tergantung pada tipe penidur seperti apa Anda ini. Jika Anda tipe yang mudah terjaga, sebaiknya hewan peliharaan tidur jauh dari Anda. Ini untuk membuat ranjang Anda adalah surga bagi Anda sendiri.

     

    10. Tidur pada saat yang tepat

    The National Sleep Foundation merekomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam dalam sehari semalam. Jadi waktu kapan Anda mulai memejamkan mata adalah perkara penting.

    Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, cobalah untuk naik ke ranjang pada waktu yang paling mungkin mengoptimalkan waktu tidur Anda. Lakukan persiapan beberapa saat sebelum Anda benar-benar terlelap.

Komentar

Berita Lainnya