oleh

Semua Elemen di Muba Berjibaku Tekan Penyebaran Virus Corona

MUSI BANYUASIN – Meminimalisir penularan wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) serta penanganannya masih menjadi fokus utama Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin hingga saat ini. Untuk tujuan itu, Dodi tidak bergerak sendiri, melainkan melibatkan semua unsur elemen di Muba untuk all out melawan wabah ini.

Pada kesempatan ini, Bupati Dodi Reza mengajak ORMAS, LSM, PMI, PWI, IKM, FBBI, Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ormas Muba (POM) COVID-19, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat / Pemuda Kabupaten Muba untuk terlibat dalam melawan COVID-19.

Menurut Dodi, dalam menghadapi pandemi ini sudah menjadi kewajiban agar semuanya punya peran bersama untuk mengedukasi masyarakat agar masyarakat di Kabupaten Muba selalu berprilaku hidup bersih, sehat dan mentaati protokol kesehatan agar wabah COVID-19 tidak terus meluas.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang akan mengingatkan semua warga. Dalam hal memerangi COVID-19 ini bukan hanya tugas Pemerintah dan Gugus Tugas saja, tapi semua elemen punya tanggungjawab sama. Kita terlibat bersama. Oleh sebab itu saya mengajak terus mengedukasi masyarakat di masa transisi dalam menghadapi tatanan kehidupan new normal. Dorong masyarakat kita untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, pakai masker demi memutus mata rantai penularan, jangan pernah lalai kita tentang disiplin menerapkan protokol kesehatan ini,” jelasnya.

Demi tetap menjaga kenyamanan dan keselamatan rakyat Muba serta mendukung Pemkab Muba melawan hingga menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini, bulan lalu tepatnya pada 18 Juni, Ormas Musi Banyuasin (POM) COVID 19 Musi Banyuasin melakukan sosialisasi dan edukasi kepatuhan perusahaan taati protokol kesehatan ke PT Manggala Alam Lestari (MAL) di Kecamatan Bayung Lencir.

Tidak hanya itu, tim Ormas, LSM dan pemuda ini juga tidak pernah lelah melakukan edukasi kepada warga dan sosialisasi gerakan hidup bersih dan sehat serta melakukan penyemprotan disifektan di wilayah Kabupaten Muba.

Seperti yang disampaikan oleh ketua Ormas POM Covid-19 Kurniadi bersama Penasehat POM Covid-19 Alamsyah dan Anggota Satoto Waliun saat mengedukasi dan melakukan penyemprotan, Rabu (1/7/2020) ia mengatakan bahwa dirinya juga mengatakan bahwa akan terus edukasi dan mendorong masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih demi memutus mata rantai penularan, agar wabah Covid-19 tidak terus meluas.

“Kita dari organisasi masyarakat bagian dari Gugus Tugas sesuai dengan surat tugas yang diembankan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mulai dari pasar, kalangan dan semua perusahaan di Kabupaten Muba. Kegiatan kami ini bekerjasama dengan pihak terkait, diantaranya, Disnakertran, Disprindag dan DPMD. Kami akan terus bersinergi dengan Pemkab Muba dalam penanganan dan edukasi wabah Covid-19 ini, sehingga warga Muba terhindar dari penularan wabah Covid ini,” terangnya.

Dikatakan Kurnaidi, pihaknya tersebut telah membagikan timnya menjadi 4 tim yang tersebar di 15 kecamatan. “Dari 15 Kecamatan yang ada di Muba, sudah disosialisasikan sebanyak 12 Kecamatan. Dan dalam wkt dekat ini semua Desa akan rampung disosialisasikan. Kegiatan ini merupakan gerakan disiplin diri. Harapan kami Muba masuk dalam kategori Kabupaten transisi Zero Covid 19. Semoga wabah Corona ini cepat berlalu dan kita masyarakat Muba kembali dapat beraktivitas kembali,” jelasnya.

Senada, Ketua PWI Muba Herlin Kosasi mengatakan, PWI Cabang Kabupaten Muba terus melakukan sosialisasi pencegahan penularan covid 19 sebagai wujud dukungan dan supportnya terhadap Pemkab Muba.

“Saya Selaku ketua PWI Muba menilai kinerja gugus tugas menangani Covid 19 di Musi Banyuasin sudah sangat optimal dilakukan, di saat daerah lain sudah mulai kendor, gugus tugas penanganan covid Muba tetap terus konsisten melaksanakan tugas, semoga wabah Corona ini cepat berlalu, dan kita bisa kembali beraktivitas lagi seperti biasanya,”katanya.

Candra ketua Karang Taruna Muba mengatakan pihaknya saat ini telah menyiapkan program salah satunya roadshow kampanye sosial berperilaku hidup sehat dan bersih di tengah berdampingan dengan Covid, selain pada itu kita juga akan terus bergandengan dengan pemerintah dari semua tingkatan.

“Saya atas nama Ketua Karang Taruna Muba sangat mendukung langkah-langkah Gugus Tugas dalam hal penangan Covid-19, kita harapkan untuk selalu semangat dalam hal bekerja bersama dalam hal memerangi wabah virus corona ini, mudah-mudahan bencana ini cepat berlalu dan berakhir,” pungkasnya. (Endang)

Komentar

Berita Lainnya