oleh

Satgas Covid Sumsel Gencarkan Edukasi Penerapan Prokes

PALEMBANG | Guna memperketat disiplin masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid 19, Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya bersama Tim Satgas Covid 19 TNI dan Polri melakukan sosialisasi dan himbauan memakai masker ke pasar tradisional 16 Ilir Palembang, Rabu (3/2/2021) pagi. Aksi bagi-bagi 10.000 masker gratis ini disambut antusias oleh pedagang dan pengunjung pasar yang kebetulan ada di lokasi. 

Didampingi Ketua DPRD Sumsel Hj. RA. Anita Noeringhati,  Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel H. Irjen Pol Eko Indra Heri, Danlanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Firman Wirayuda S.T., M.Soc.Sc, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya tanpa sungkan turun langsung ke pasar 16 Ilir membagi-bagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar yang tengah beraktivitas. Aksi ini mereka lakukan serentak sekitar pukul 00.90 wib di sekitar gedung Pasar 16 Ilir. 

Mereka datang bersamaan kemudian berpencar mendatangi pedagang  dan pengunjung yang belum menggunakan masker. Sambil membagikan masker, Wagub Mawardi Yahya juga tampak beberapa kali memperingatkan warga yang kedapatan lupa mengenakan masker. 

“Iya hari ini kita sosialisasi masker ke pasar-pasar. Kita turun langsung agar disiplin masyarakat menjaga Prokes tetap tidak kendor,” ucap Wagub Mawardi sesaat usai bagi-bagi masker. 

Menurut Wagub, meski vaksinasi sudah mulai dilakukan namun disiplin menggunakan masker, menghindari kerumunan dan menjaga jarak tetap harus  dilakukan masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari. 

Bukan itu saja, Iapun mengingatkan walaupun warga rajin memakai masker namun harus diiringi dengan menjaga kebersihan masker itu sendiri. 

“Maskernya juga harus rajin diganti. Dijaga kebersihannya agar kita sehat dan bisa selalu beraktivitas,” ujarnya. 

Lebih jauh dikatakan Mawardi memakai masker adalah syarat mutlak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 selain rajin mencuci tangan. 

” Harapan kita dengan kedisplinan ini, penyebaran Covid akan semakin berkurang di Sumsel,” ujar Mawardi. 

Aksi inipun mendapat respon pengunjung dan pedagang. Mereka antusias menerima masker pemberian dari dari Wagub, Ketua DPRD Sumsel, Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda. 

Tak sedikit pedagang yang langsung mengganti maskernya dengan masker yang baru diberikan tersebut. 

Salah seorang pengunjung Pasar yang tengah berbelanja pagi, Sulastri, 54 mengatakan sempat kaget dengan kedatangan rombongan ini karena mengira ada razia masker. Namun Ia langsung lega saat tahu bahwa kedatangan rombongan ini bertujuan untuk sosialisasi. 

Menurutnya sosialisasi tersebut sangat baik sekali, karena memang terkadang masih ada sebagian masyarakat yang lupa memakai masker saat ada di tempat umum. 

” Kalau kami agak sungkan mengingatkan takut orangnya marah. Kalau inikan bagus sekali pak Wakil Gubernur nya yang langsung mengingatkan. Ada polisi dan TNI juga jadi semua disiplin pakai masker, ” ujarnya. 

Untuk diketahui, sosialisasi ini tak hanya dilakukan di Pasar 16 Ilir, tapi juga serentak di sejumlah pasar tradisional lainnya seperti Pasar KM5 dan Pasar 26 Ilir yang memang selalu ramai pengunjung.(Ade)

Komentar

Berita Lainnya