oleh

‘Revolusi Inggris’ Tak Menyisakan Tempat bagi Rooney?

rooneyJAKARTA I Secara mengejutkan, tim nasional (timnas) Inggris mampu menaklukkan tim yang cukup disegani di dunia: Jerman. Juara Piala Dunia 2014 itu takluk 2-3 dari Three Lions pada uji coba, Sabtu (26/3) malam waktu setempat.

‘Revolusi Inggris’ yang dilakukan Roy Hodgson dengan memainkan sebagian pemain minim pengalaman itu jusreu membawa keuntungan besar baginya. Inggris tampil jauh lebih bertenaga dengan serangan yang sangat sporadis dan cepat ke pertahanan Tim Panser.

Adalah trio lini depan Harry Kane, Dele Alli, dan Eric Dier yang menjadi buah bibir pada laga itu. mereka yang berasal dari satu klub, Tottenham Hotspur, seolah menjadi wujud kekuatan The Three Lions.

Belum lagi, sang supersub, Jamie Vardie, yang turut menyumbang satu gol cantik melalui tumitnya, menjadi ancaman nyata bagi tim-tim Eropa lainnya. Mereka ini yang kerap menjadi bahasan para pengamat sepak bola dunia.

Kehebohan tersebut pun seolah menepikan Wayne Rooney yang memang absen karena cedera. Pertanyaan dan perdebatan pun mencuat, apakah ‘Revolusi Inggris’ oleh Hodgson masih menyisakan tempat bagi Rooney?

Sebelumnnya, mantan gelandang timnas Jerman, Lothar Matthaus mengatakan, Inggris sudah tak bergantung lagi dengan keberadaan Rooney. “Saya adalah fan Rooney, tapi saat ini kita tidak kehilangannya pada laga itu,” ujar Matthaus kepada ITV, beberapa waktu lalu.

Pemain legendaris, Geoff Hurst, pun tampak lebih asyik membahas penampilan ciamik para pendatyang baru di skuat Inggris. Terutama dengan vardy, ia mengaku terkejut dengan penampilan striker Leicester City tersebut.

“Ia datang entah darimana. Pemain dengan level sangat tinggi, peka dan sangat cerdas,” ujar Hurst yang mencetak hattrick di timnas Inggris saat mengalahkan Jerman di final Piala Dunia 1966 itu.

“Vardy maupun Kane memang layak mendapat tempat di timnas Inggris dengan performa impresif mereka musim ini,” tuturnya.

“Dan, Alli bisa membuat perbedaan bukan hanya di level klub, tapi di laga internasional.”

Penyerang asal Tottenham itu memainkan perannya sebagai penyerang lubang sekaligus pengatur serangan, selama penyerang Manchester United itu absen.

Sedangkan di posisi ujung tombak, yang merupakan posisi alternatif Rooney, juga sudah diisi oleh Kane. Striker Spurs itu pun menunjukkan hasil impresifnya dengan mencetak satu dari tiga gol kemenangan timnas Inggris pada laga itu.

Sementara Direktur Asosiasi Sepak Bola Inggris, Trevor Brooking mengatakan, satu-satunya yang harus dilakukan Rooney saat ini adalah mengembalikan kebugarannya agar benar-benar fit jika ingin bersaing.

“Hanya ada tiga pertandingan pemanasan lagi pada Mei dan Juni dan Wayne rooney harus membuktikan bahwa ia pantas bersaing di tempatnya,” ucap Brooking.

Di lain pihak, menurutnya, akan sangat menggoda untuk memboyong Kane dan Alli di Piala Eropa 2016 jika tetap fit dan tampil seperti saat menghadapi Jerman. “Lalu, masih ada pilihan lainnya untuk memboyong Jamie Vardy,” terang Brooking.(CNN)

Komentar

Berita Lainnya