oleh

Renny dukung Program Berkelanjutan pemprov Sumsel

PALEMBANG | Bagaimana agar pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan lebih siap dan lebih mampu melaksanakan SDGs? Salah satu upaya untuk mendorong keberhasilan SDGs di daerah adalah melalui penyediaan informasi yang cukup bagi pemerintah daerah.

Menurut anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam pencapaian tujuan pembanguan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

Peran strategis pemerintah daerah dalam pencapaian SDGs sangat penting untuk memastikan implementasi pelayanan publik dan indikator SDGs berjalan baik di tingkat lokal,”kata Renny saat melakukan pertemuan dengan sekretaris daerah pemprov Sumsel SA Supriono, Senin (18/10).

dilanjutkan perempuan murah senyum ini, keberhasilan tujuan SDGs membutuhkan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan yakni pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi dan praktisi, serta organisasi masyarakat dan media.

Salah satu keterlibatan daerah adalah dalam penyusunan dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs oleh gubernur yang melibatkan walikota dan bupati sesuai amanah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 tahun 2017 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

RAD dibutuhkan guna menjalankan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di setiap daerah di Indonesia. RAD ini harus sinkron dan terintegrasi dengan RPJMD dan menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dengan RPJMD.

“Geliat pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, olahraga, ekonomi terus digencarkan oleh Pemprov, dan ini tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat Sumsel kedepan,”jelas Renny.(sik)

Komentar

Berita Lainnya