oleh

Rektor UIN Raden Fatah Submit Borang UI Green Metric 2021

Palembang | Setelah melakukan serangkaian persiapan, baik teknis maupun non teknis, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Nyayu Khodijah, M.Si, secara resmi menekan tombol submit borang UI Green Metric Campus 2021, Minggu (31/10/01).

Acara yang berlangsung di kampus A UIN Raden Fatah ini dihadiri oleh segenap tim Green Metric UIN Raden Fatah serta perwakilan unsur pimpinan fakultas.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, UIN Raden Fatah secara resmi mengupload borang untuk pemeringkatan kampus hijau sedunia. Semoga ini akan mencapai hasil memuaskan dan berguna untuk kemajuan perguruan tinggi ini kedepannya,” ujar Rektor saat menekan tombol submit.

Sebagaimana diketahui, keikutsertaan UIN Raden Fatah dalam pemeringkatan kampus hijau ini adalah yang kedua kalinya, setelah submit pertama tahun 2020 lalu. Untuk keikutsertaan pertama di 2002, UIN Raden Fatah berhasil mencapai rangking 4 untuk seluruh PTKIN dan peringkat 48 secara nasional.

“Diharapkan tahun ini akan lebih meningkat, sesuai pula dengan segala persiapan dan pembenahan yang kita lakukan sebelumnya. Program kampus hijau memang menjadi program prioritas bagi kita, dan bisa berkontribusi pada kebijakan pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan,” ujar Rektor.

Program UI Green Metric sendiri adalah program pemeringkatan kampus hijau sedunia yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia. Program ini sudah diikuti oleh 911 perguruan tinggi dari 78 negara di dunia.

Keikutsertaan sebuah perguruan tinggi dalam perangkingan ini adalah salah satu bentuk komitmen dari masing-masing lembaga untuk menjadikan isu lingkungan hidup sebagai program prioritas. Pada tahun 2020, Wagenigen University dari Belanda berhasil keluar sebagai perguruan tinggi terbaik sedunia dalam pengelolaan kampus hiiau yang berkelanjutan.

Hadirnya UIN Raden Fatah sebagai salah satu peserta memang ditujukan untuk menunjukkan komitmen kepedulian lingkungan hidup.

“Selain itu kita juga ingin menunjukkan serta mendorong seluruh sivitas akademika untuk peduli pada persoalan lingkungan ini. Isu besar saat ini dan kedepannya memang adalah soal lingkungan. PT harus terlibat dan menunjukkan komitmen strategisnya, apalagi kita dari perguruan tinggi keagamaan, dimana soal lingkungan menjadi salah satu hal yang selalu ditekankan. Islam banyak berbicara soal ini, dan UIN Raden Fatah harus jadi pelopor untuk menunjukkan bahwa Islam itu peduli dengan lingkungan hidup,” tegas Rektor.

Sementara itu, Dr. Irham Falahudin, M,Si, selaku ketua Tim Green Metric UIN Raden Fatah mengucapkan terimakasih kepada Rektor dan seluruh jajaran tim yang sudah bekerja keras mewujudkan semua ini.

“Kerja ini bisa diselesaikan atas dukungan dari pimpinan dan kerja keras tim. Tanpa dukungan kelembagaan, mustahil ini bisa dilakukan, untuk itu saya ucapkan terimakasih dan kita tunggu saja hasilnya nanti,” kata WD I Fakultas Saintek UIN Raden Fatah ini. Hadir juga dalam acara tersebut, Dr. Yenrizal, M.Si (Wakil Ketua), Dr. Delima Engga Maretha (Sekretaris), serta beberapa perwakilan tim. (Ril)

Komentar

Berita Lainnya