oleh

Raport Semester I 2020, Kasus Asusila di Bangka Selatan Cukup Mendominasi

TOBOALI – Kasus kekerasan yang menimpa perempuan dan anak seperti pemerkosaan dan cabul cukup mendominasi terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada semester I tahun 2020 ini. Hal itu seperti diungkapkan Kabid PPPA Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos PPA dan PMD) Basel, Yita Yuliza, Selasa (11/8/2020).

“Pada semester I tahun 2020 ini tercatat 24 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang kita dampingi dari dinas. Dan yang cukup mendominasi itu cabul dan pemerkosaan,” kata Yita kepada wartawan.

Terakhir, kasus pencabulan yang juga mereka dampingi hingga selesai terjadi di Desa Kepoh, Kecamatan Toboali. Memang, menurutnya, rawan kasus cabul di desa itu dan telah terjadi 2 kali pada tahun ini. Pertama, kasus pemerkosaan terhadap anak dan terbaru pelecehan seksual terhadap anak. Kedua kasus tersebut telah pihaknya dampingi secara langsung hingga ke putusan pengadilan.

“Kita intens melakukan pendampingan dan penanganan terhadap korban. Nah dua kasus ini memang menjadi prioritas kami karena berujung traumatis terhadap korbannya,” tuturnya.

Kabar baiknya, dengan pendampingan secara intens yang diberikan serta edukasi kepada orangtua korban, dua korban pada kasus tersebut sudah kembali normal. Baik mental dan psikologisnya. (devi)

Komentar

Berita Lainnya