pemkab muba
OKI Mandira

Ranwal RPJPD OKI Usung Visi OKI Mantab 2045

103
×

Ranwal RPJPD OKI Usung Visi OKI Mantab 2045

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

OKI – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) menyusun Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Ranwal RPJPD) Kabupaten OKI tahun 2045.

OKI Mantab 2045 merupakan pengejawantahan dari visi OKI Maju, Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan.

“Maju adalah terwujudnya tingkat kualitas hidup manusia OKI yang diukur dari indikator pendidikan, kesehatan, dan pendapatan perkapita,” ujar Kepala Bappeda OKI Aidil Aswari pada Forum Konsultasi Publik (FKP) RPJPD OKI 2045 di Kayuagung, Selasa (12/12/2023).

Sementara mandiri, lanjutnya, yaitu kondisi daerah yang memiliki kemampuan atau kemandirian dalam mengelola dan mendayagunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki untuk kemakmuran masyarakat, serta secara konsisten mampu mengurangi tingkat ketergantungan, terutama terkait kemampuan fiskal daerah dari pemerintah pusat.

Lalu tangguh yakni terwujudnya kondisi daerah Ogan Komering Ilir yang didukung oleh infrastruktur, jaringan, sarana prasarana yang merata dan sesuai standar yang mendukung pusat-pusat pertumbuhan dan aktivitas sosial, ekonomi, dan budaya di masyarakat.

Aidil menjelaskan visi ini selaras dengan Indonesia Emas 2045 dan Sumsel Mapan 2045.

Bupati OKI HM. Dja’far Shodiq mengatakan, RPJPD merupakan pijakan dalam penyusunan RKPD tahun 2025 dan 2026.

“Saya berharap apa yang telah kita capai dalam 5 tahun terakhir, khususnya di periode RPJMD 2019-2024 untuk memantapkan lagi, terlebih persoalan utama daerah yang terkait dengan pembangunan SDM yang unggul, pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” jelasnya.

Shodiq juga berharap dan meminta kepada semua stakeholder berperan aktif untuk menyukseskan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *