pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Pustu Sebagin Gelar BIAS Untuk Lindungi Anak-anak dari Tetanus dan Diphteri

191
×

Pustu Sebagin Gelar BIAS Untuk Lindungi Anak-anak dari Tetanus dan Diphteri

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

SEBAGIN – Hari ini, Pustu Sebagin di Kecamatan Simpang Rimba melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan tujuan utama melindungi anak-anak sekolah dari penyakit tetanus dan diphteri, Rabu (1/11/2023).

Jenis vaksin yang diberikan pada bulan November ini adalah vaksin DT (Difteri Tetanus) dengan dosis yang berbeda untuk masing-masing kelas. Sementara vaksin TD disuntikkan untuk kelas 5, dengan tujuan mencegah penyakit difteri dan tetanus

Kepala Pustu Sebagin Dedi Purwanto mengatakan, imunisasi dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) ini ditujukan untuk anak-anak usia Sekolah Dasar (SD/MI/Sederajat) kelas 1 dan 5.

“Dalam bulan November ini, anak-anak kelas 1 akan menerima vaksin DT, dengan dosis 0,5 cc disuntikkan intramuskular (im) di lengan kanan,” ucap Dedi Purwanto.

Sementara anak-anak kelas 5 akan menerima vaksin TD, juga disuntikkan intramuskular (im) di lengan kanan. Vaksin DT bertujuan untuk melindungi anak-anak dari difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sementara vaksin TD adalah imunisasi lebih lanjut untuk mempertahankan perlindungan terhadap tiga penyakit tersebut.

“Imunisasi DT (Difteria Tetanus) penting untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan pertusis. Sedangkan Imunisasi TD (Tetanus Diphteria) merupakan kelanjutan dari imunisasi DT untuk memastikan anak-anak semakin kebal terhadap penyakit ketiga tersebut,” tegas Dedi Purwanto.

Pustu Sebagin berharap bahwa BIAS ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga anak-anak sekolah di Kecamatan Simpang Rimba dapat terbebas dari risiko penyakit tetanus dan difteri. Upaya ini merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan dan perlindungan anak-anak di daerah Bangka Selatan. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *