oleh

Pusri Jamin Stok Urea Pada Musim Tanam Aman

PALEMBANG I Manajemen PT Pupuk Sriwidjaja Palembang memastikan dalam menghadapi musim tanam tahap kedua dimulai Oktober 2015 hingga Maret 2016 ini, persediaan pupuk urea relatif aman dengan alokasi disiapkan hingga 12.500ton. Padahal pada kondisi biasa persediaan pukuk urea hanya disiapkan sekitar 9.600ton.

“Ya, kami menjamin stok pupuk urea aman untuk musim tanam tahun ini. Petani tidak perlu khawatir terjadi kekurangan pupuk urea karena stok yang disediakan lebih dari cukup. Bahkan melebihi dari persediaan normal,”kata Manajer Humas PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sulfa Ghanie kemarin.

Menurut dia, persediaan pupuk urea itu memang didasarkan atas Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang diusulkan petani hyang tergabung di kelompok tani.

Alokasi pupuk urea yang disiapkan itu, masih kata dia, didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di area Sumsel. Bahkan jika melebihi pihaknya mendistribusikan pupuk urea ke provinsi lain di luar Sumsel.

​​“Selain wilayah Sumsel, kami juga memberikan jaminan kebutuhan pupuk di provinsi lain seperti Lampung, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, dan lainnya,”ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan pupuk urea selama musim tanam, kata dia, pihaknya terus berupaya untuk terus menambah persediaan yang ada sehingga kegiatan penanaman ditingkat petani dapat berjalan dengan lancar.

Dia mengklaim penambahan stok pupuk memang sangat dimungkinkan dilakukan. Lebih lagi dengan melihat keberadaan produksi ke empat pabrik urea yang ada di Kota Palembang yang saat ini terus berjalan dengan normal.

Begitu pun distribusi pengiriman pupuk ke seluruh sentra produksi pertanian di area Sumsel dan provinsi lain, pihaknya memanfaatkan jalur darat maupun dengan menggunakan kapal dari dermaga Sungai Musi Palembang.

“Kami memang lebih memprioritaskan suplai memenuhi kebutuhan petani di Sumsel. Kalau sudah melebihi, maka barulah disuplai ke provinsi tetangga,”katanya. ((St))

Komentar

Berita Lainnya