oleh

Puluhan ASN Inspektorat Muba Dilakukan Tes Urine

SEKAYU | Inspektorat Kabupaten Musi Banyuasin menggelar kegiatan tes urine terhadap seluruh anggota kepegawaian guna memastikan terbebas dari narkoba. 

Puluhan ASN mengikuti Tes Urine, kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muba yang berlangsung di halaman Kantor Inspektorat dan dilakukan secara inspeksi mendadak atau sidak, Selasa (9/6/2020).

Pada kesempatan ini, Inspektorat Kabupaten Muba Drs. H R.E Aidil  Fitri mengatakan di lakukan tes urine ini secara mendadak mengantisipasi penyalahgunaan narkoba. 

Dalam rangka rutinitas untuk meyakinkan bahwa inspektorat yang merupakan badan pengawasan internal pemerintah secara fisik itu harus kuat jasmani dan rohaninya sehat bebas dari narkoba. Selain itu juga dilakukan assessment pencapaian kompetensi terhadap pegawai inspektorat yang diperiksa secara rutin. 

Sebelum dilakukan tes urine, kemarin juga berhubungan dengan pandemi covid-19 inspektorat juga menjalankan rapid tes karena selaku orang APIP sangat banyak melakukan interaksi dan pengawalan terhadap Pemerintah Kabupaten Muba.

“Meskipun dilakukan secara acak dan mendadak seluruh ASN Inspektorat hari ini ikuti tes urine yang terdiri dari 71 PNS dan 28 Tenaga Kerja Kontrak. Rutinitas tes urine ini dilakukan per-enam bulan satu kali. Tujuan dari kegiatan ini guna memastikan anggota pegawai Inspektorat agar terbebas dari narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dr. H Azmi Dariusmansyah menyampaikan tes urine yang dilakukan di Inspektorat hari ini berjalan dengan lancar meskipun sedikit membuat kaget para pegawainya. Seharusnya kegiatan ini sangat penting dilakukan. Guna menertibkan pegawai yang  terbebas dari narkotika dan obat terlarang.

“Dalam melakukan pemeriksaan tes urine juga diterapkan protokol kesehatannya dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan tidak berjabat tangan,” tandasnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex memastikan akan menggilir setiap perangkat daerah atau instansi di Pemkab Muba untuk melaksanakan tes urine. “Guna memastikan ASN dan pegawai lainnya di Muba tidak mengkonsumsi narkoba,” tegasnya.

Dodi menambahkan, pelaksanaan tes urine di lingkungan Pemkab Muba dilakukan rutin dan mendadak. “Kalau ada yang positif tentu akan ditindak sesuai prosedur,” pungkasnya. (Endang)

Komentar

Berita Lainnya