oleh

Protokol Kesehatan Ketat dan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik akan Diterapkan di Muba Saat Perayaan Idul Adha 

OGAN KOMERING ILIR – Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin akan memperketat penerapan protokol kesehatan saat perayaan Idul Adha 1441 H besok. Selain itu, dia juga mengingatkan agar mengurangi kantong plastik sebagai wadah untuk daging kurban.

“Jadi, selain tetap patuh pada protokol kesehatan di tengah wabah COVID-19 ini, saya juga mengajak semua masyarakat untuk tidak memakai kantong plastik sekali pakai saat membungkus daging kurban,” tegasnya, Kamis (30/7/2020).

Dikatakannya, Pemkab Muba melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah mengeluarkan Surat Edaran agar semua elemen dan masyarakat yang melaksanakan qurban untuk tidak menggunakan kantong plastik dan mencari alternatif lain yang ramah lingkungan pengganti kantong plastik.

“Misalnya di Babat Supat, disana Ibu-Ibu PKK-nya bersama Pemerintah Kecamatan membuat wadah anyaman dan mengajak masyarakat menggunakannya sebagai pengganti kantong plastik untuk daging qurban. Nah, ini kiranya bisa juga diindahkan di Kecamatan-Kecamatan lainnya,” ujarnya.

Lanjut Dodi, upaya penekanan penggunaan kantong plastik juga salah satu komitmen dan konsisten Muba dalam mempertahankan piala Adipura. “Kantong plastik ini kan sangat sulit hancurnya, mari kita cari alternatif lain penggantinya yang ramah lingkungan, kita jaga bersama-sama kebersihan di Kabupaten Muba ini,” ungkap dia.

Dodi juga menghimbau agar warga tetap menggunakan masker dan membekali diri dengan APD lainnya saat perayaan Idul Adha nantinya. “Lindungi diri dan keluarga serta tetap jaga kebersihan,” tuturnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba, Andi Wijaya Busro SH MHum mengajak masyarakat Muba yang melaksanakan qurban untuk membawa wadah sendiri dari rumah masing-masing sebagai pengganti kantong plastik.

“Bawa wadah dari rumah masing-masing, bisa dari anyaman atau daun jati, intinya mari bersama-sama kita tekan penggunaan kantong plastik,” tuturnya.

Andi menambahkan, pihak DLH Muba juga akan menerjunkan tim di lapangan untuk membersihkan sampah-sampah saat perayaan Idul Adha nantinya. “Nanti akan satuan tugas khusus yang bertugas untuk membersihkan sampah di titik-titik pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Muba,” tandasnya.

Sementara itu, hingga 29 Juli 2020 terdata Pemkab Muba melalui OPD masing-masing telah mengumpulkan sebanyak 30 hewan qurban berupa sapi yang nantinya akan dilakukan pemotongan dan dibagikan kepada pegawai dan masyarakat di Muba. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya