oleh

Harnojoyo Serukan Kantong Plastik Daging Kurban Diganti dengan Daun Pisang

PALEMBANG – Walikota Palembang, Harnojoyo meminta seluruh pihak kecamatan hingga tingkat Rukun Tetangga (RT) untuk memperbaiki manajemen kurban. Salah satunya pengurangan pemakaian kantong plastik daging kurban, diganti dengan pembungkus daging kurban dengan besek dan daun pisang.

“Kita mengajak seluruh masyarakat dan panitia kurban untuk tidak mengunakan kantong plastic untuk daging kurban, tetapi lebih baik memakai daun pisang, besek atau membawah wadah sendiri,” kata Harnojoyo, Kamis (30/7/2020).

Ajakan pengurangan pengunaan kantong plastic dalam rangka pengurangan sampah yang sulit diurai ini, kata Harnojoyo sesuai dengan surat edaran  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RInomor :SE.8/PSLB3/PSB.07/ 2020.

“Selain merusak lingkungan, kantong plastik terutama yang berwarna hitam buruk bagi kesehatan. Karena berasal dari proses daur ulang yang sumbernya dari berbagai limbah.Semua kantong plastik itu juga tidak memiliki kualitas food grade, mengandung zat karsinogen serta bahan kimia lainnya,” tegasnya Harnojoyo.

Selaian mengantikan kantong plastik dengan daun pisang, panitia kurban juga untuk menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah, seperti sampah terpilah dilokasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, tidak kalah pentingnya armada untuk angkutan sampah harus disediakan. “Harus tetap patuhi protocol kesehatan,” ajaknya. (Alam)

Komentar

Berita Lainnya