pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Prodi Politik Islam Gelar Seminar Nasional Revolusi Islam

44
×

Prodi Politik Islam Gelar Seminar Nasional Revolusi Islam

Sebarkan artikel ini
IMG-20200204-WA0026
pemkab muba

Palembang | Prodi Politik Islam FAHUM UIN Rafah Palembang bekerjasama dengan Konsuler Kebudayaan Iran di Jakarta menggelar seminar nasional dengan tema “Ukhuwah Islamiyah dan Pembentukan Sistem Republik Islam Iran”

Seminar di Aula Fakultas Adab dan Humaniora lantai 3, Selasa (4/2/2020), tersebut menghadirkan 2 orang Pembicara yakni: Dr. Dina Yoelianti,  M.Si. (UNPAD Bandung), dan Dr. Endang Rochmiatun (UIN Raden Fatah Palembang), Moderator, Nico Oktaria Adityas, M.A. 

Wakil Dekan III,  Dola Sobari, M.Ag dalam sambutannya, menyambut baik kegiatan tersebut untuk pembelajaran bagi mahasiswa.

“Kita berharap para peserta bisa mengikuti seminar ini dengan serius untuk menambah wawasan bagi mahasiswa itu sendiri,”terangnya.

Dr. Dina Sulaiman selaku narasumber dan pengamat Geo Politik Timur Tengah memaparkan bahwa sejak abad 19 ada upaya untuk membuat timur tengah tidak kompak. 

Tahun 1947 kata Dina, resolusi PBB Membagi 2 wilayah Palestina dan Israel sendiri berdiri menjadi sebagai sebuah negara baru diatas tanah palestina pada tahun 1948-hingga saat ini.

Keinginan AS untuk mendirikan Israel sebagai kepanjangan tangan mereka di timur tengah telah membuat rakyat Palestina semakin dipojokkan oleh negara negara adidaya AS dan sekutu. 

Iran yang fokus terhadap pembelaan mustadh’afin seperti yang tercantum dalam konstitusinya, turut hadir untuk membela Palestina. Karena menurut Iran, Palestina merupakan bagian dari kekuatan Islam yang harus mendapatkan simpatik dan pembelaan dari negara negara islam.

Sedangkan narasumber lainnya yaitu Endang Rochmiatun memaparkan mengenai Human Development Indeks (HDI) yang terjadi di Iran.  Menurutnya setelah revolusi islam, peran perempuan Iran semakin tinggi dan ini bisa dilihat dari perkembangan HDI-nya. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *