oleh

Polri Beri Dukungan Psikososial kepada Anak-anak yang Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19

Palembang – Kecerian tampak jelas diwajah anak – anak di kota Palembang yang kehilangan orangtua akibat Covdi 19, saat disuguhi hiburan badut di lapangan tenis indoor komplek Pakri Palembang, Selasa (02/11/2021).

Hiburan badut ini merupakan bagian dukungan Psikososial yang diberikan Biro SDM Polda Sumsel guna meringankan beban psikis anak dampak Covid-19.

Selain hiburan badut anak anak juga diajarkan mewarnai gambar dengan pensil berwarna dan kertas gambar yang telah disediakan. Dalam kegiatan ini pihak penyelenggara Biro SDM Polda Sumsel tetap menerapkan protokol kesehatan seluruh anak anak yang hadirkan wajibkan tetap memakai masker, mencuci tangan dengan air yang telah disediakan serta menjaga jarak.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto. MM didampingi Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Ucu Kuspriyadi. SIK. MH. MSi, (Foto: Abdussalam).

Dukungan Psikososial bagi anak – anak terdampak Covid 19 ini diberikan kepada seluruh anak – anak diseluruh Indonesia yang digagas Biro SDM Polri dengan menggandeng Ikatan Sarjana Psikologi, Kementerian Sosial RI, dan Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak RI yang dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui telekompren.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto. MM didampingi Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Ucu Kuspriyadi. SIK. MH. MSi mengatakan dukungan psikososial kepada anak – anak terdampak covid 19 di kota Palembang hari ini yang diberikan Biro SDM Polda Sumsel, terkoneksi dengan Mabes Polri. Dukungan ini juga berikan seluruh Polda yang ada di Indonesia.

” Dukungan psikososial ini merupakan kepedulian Polri terhadap anak anak yang kehilangan orangtua akibat covid 19,” ungkap Toni kepada beritamusi.co.id, Selasa (02/11/2021).

Kegiatan ini juga, kata Toni untuk menyadarkan semua orang bahwa ada korban akibat Covid 19 dan menimbulkan efek psikososial bagi anak anak yang kehilangan orangtua akibat Covid 19.

” Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli dan bersama sama membantu terutama anak anak yang kehilangan orangtua. Tidak hanya bantuan sesaat karena jalan hidup anak anak ini masih panjang bantuan dan kepedulian kita sangat dibutuhkan mereka,” tuturnya.

Di Sumsel sendiri, Irjen Pol Toni Harmanto menyebutkan, ada sekitar 1200 anak yang terdampak covid-19 dan perlu diberikan dukungan psikososial.

” Untuk memberikan dukungan psikososial ini seluruh stakeholder terkait harus bersatu padu agar program dukungan psikososial ini tidak berjalan sampai disini saja dan harus berlanjut,” tegasnya.

Sementara itu, Edi Hendri pekerja sosial dinas sosial Provinsi Sumsel menambahkan dinas sosial provinsi hanya perpanjangan tangan kementerian sosial untuk menangani anak anak yang kehilangan orangtua akibat Covid 19. Untuk penanganannya sendiri menyakup 17 kabupaten / kota se Sumsel.

” Bantuan sosial yang berikan kementerian sosial berupa uang setiap bulan. Skema bantuan disalurkan langsung ke rekening anak – anak yang sudah dilakukan pendataan dari dinas sosial Kabupaten kota masing – masing,” jelasnya. (Abdus)

Komentar

Berita Lainnya