oleh

Politisi PDIP Segera Laporkan PT SJL ke Gakkum KLHK

TOBOALI – Anggota DPRD Basel, Dian Sersanawati akan segera melaporkan PT Sadai Jaya Lestari (SJL) yang beroperasi di kawasan Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih, Tukak Sadai akan dilaporkan ke Gakkum KLHK atas dugaan tak mengantongi izin usaha.

Politisi PDIP ini menuturkan, dirinya sudah melakukan komunikasi dengan pihak Gakkum KLHK. Dalam waktu dekat, pihak Gakkum LHK akan terjun langsung ke lapangan untuk menindaklanjuti laporan yang dibuat olehnya.

“Saya sempat berkomunikasi dengan anggota PPLH Gakkum, pak Ferdinan, dari situ saya diminta untuk menghubungi pak Edward Hutapea kepala PPLH Gakkum yang berpusat di Palembang,” ujar Dian, Selasa (8/9/2020) siang.

Lebih lanjut, Dian juga menuturkan bahwa dia telah menceritakan semua itu kepada tim Gakkum saat melakukan sidak. “Pihak Gakkum LHK akan menindaklajuti laporan tersebut dan mereka akan turun langsung kelapangan,” tambah Dian.

Ia menuturkan, beberapa waktu yang lalu, Ia juga berkonsultasi dengan tim KPK terkait masalah perizinan yang dipersulit oleh Pemerintah daerah (Pemda) setempat. Namun hal ini belum mengarah ke ranah tipikor. “Mereka meminta untuk mengirim surat disertai bukti yang ada atau video yang ada di facebook yang direkam pada saat sidak. Disisi lain saya menyeselkan tindakan pihak pengusaha PT SJL yang melaporkan tim DPRD saat melakukan sidak,” tambahnya.

Dia menilai, perusahaan sudah jelas tidak mempunyai izin sama sekali dan salah, tapi malah melaporkan balik tim DPRD. Hal ini terkesan wakil rakyat seperti penjahat di mata masyarakat disaat sedang menjalankan fungsi pengawasan.

“Saya ingin membuktikan bahwa fungsi pengawasan kami penting bagi investor yang nakal yang sangat merugikan. Kita sedang mengumpulkan bukti-bukti yang menguatkan bahwa itu memang kawasan lokasi wisata,” ujarnya.

Dian menegaskan, kebenaran dalam hal ini akan terus berusaha dicari. Pemkab diminta memberi penjelasan terkait dengan masalah perizinan, sehingga tidak menjadi polemik di masyarakat. Jangan sampai hasil kinerja DPRD terbilang lemah. “Jadi masyarakat tidak menilai hasil kinerja atau pengawasan DPRD terlalu lemah. Kita juga menyesalkan sikap pemkab yang menghambat masalah perizinan bagi pengusaha yang ingin berinvestasi di Basel,” jelasnya. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya