pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Polemik Jual Beli Lahan, Ini Kata Kades Bikang

212
×

Polemik Jual Beli Lahan, Ini Kata Kades Bikang

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

BIKANG – Saat ini perbatasan antara Desa Bikang dan Jeriji masih menjadi perdebatan yang belum terselesaikan, Senin (26/02/2024).

Hal ini disampaikan oleh Kades Desa Bikang, Zulfani, kepada awak media saat dikonfirmasi mengenai penjualan lahan rawa di wilayah perbatasan tersebut.

Menurut Zulfani, lahan yang diperjualbelikan merupakan milik warga sendiri, namun kejelasan mengenai perbatasan masih harus dikonfirmasi langsung kepada pihak kecamatan dan desa terkait.

Pak kades juga menganjurkan kepada warganya yang merasa dirugikan untuk bertanya langsung kepada pihak berwenang guna menghindari penyebaran fitnah di antara masyarakat serta melaporkan ke pihak berwajib kalau merasa dirugikan.

Sementara itu, untuk mengklarifikasi lebih lanjut tentang penjualan lahan rawa gambut, upaya konfirmasi terus dilakukan kepada Pj Kades Desa Jeriji.

Di sisi lain, kades Desa Rias yang terdampak juga turut angkat bicara terkait kegiatan jual beli lahan rawa gambut yang merupakan sumber air bagi sawah di desa Rias saat sosialisasi perbaikan irigasi yang telah dilakukan sejak tahun 2023.

Beliau menyoroti perlunya perlindungan terhadap daerah hulu sungai dan bendungan Mentukul dan bendungan Pumpung mengingat adanya potensi dampak perusakan akibat aktivitas tersebut akan mengganggu pertanian di sekitar hulunya. Kepedulian untuk menjaga kelestarian sumber daya air di wilayah tersebut semakin menjadi sorotan utama bagi pihak terkait.

“Memang kami sudah mendengar tentang kegiatan itu, dari awal tahun 2023 ketika BWS Babel Sosialisasi perbaikan irigasi desa rias saat itu juga sudah kami sampaikan ke peserta sosialisasi yang hadir. saya katakan tiap tahun dana pusat yang masuk desa Rias sudah banyak untuk irigasi akan tetapi ketika di hulunya atau DAS di hulunya terjadi perusakan apalagi di buat perkebunan, saya katakan takutnya akan sia-sia dana sebesar itu untuk irigasi desa Rias,” ungkap Kades desa Rias, Muslim.

Selain itu, Muslim berharap untuk itu, kami minta desa-desa yang berbatasan dengan desa Rias khususnya hulunya bendungan Mentukul dan bendungan Pumpung di desa tetangga agar di beri soaialisasi juga supaya tidak di rusak lokasi tersebut.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *