pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Ekonomi & Bisnis

PLN Lakukan Silmulasi Sistem Kelistrikan

58
×

PLN Lakukan Silmulasi Sistem Kelistrikan

Sebarkan artikel ini
IMG-20180318-WA0002
pemkab muba

PLN Lakukan Silmulasi Sistem Kelistrikan PALEMBANG I Dalam rangka mensukseskan Asian Games 2018 di Palembang pada Bulan Agustus mendatang, PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu akan melakukan simulasi sistem kelistrikan di Kota Palembang, khususnya kawasan Jakabaring Sport City (JSC) pada Sabtu hingga Minggu (24-25 Maret 2018). Pada simulasi tersebut, PLN WS2JB akan mematikan sistem Simpang Tiga pada sisi 150 KV dan sistem Sumsel V-Betung pada sisi 275 KV.

Tujuan dari simulasi tersebut adalah untuk memastikan kehandalan sistem kelistrikan Kota Palembang dari semua sumber yang menyuplai.

Manajer Area Pengatur Beban (APD) S2JB Nanang Prasetyo mengatakan, komposisi pembangkit telah dibuat seideal mungkin supaya tidak padam. Nanti akan ada tiga tahap simulasi,yang pertama adalah pelepasansistem dari Lahat ke Simpang Tiga (150 KV), yang kedua akan dilepas sistem Sumsel V dari Betung (275 KV), dan yang ketiga akan dilepas kedua sistem.

“Secara hitungan dan simulasi dengan aplikasi, hal ini tidak akan menyebabkan padam karena pembangkit di dalam Kota Palembang masih mampu,” ujar Nanang saat ditemui di Ruang Rapat Distribusi PLN WS2JB pada Rabu (21/3/2018).

Ditempat yang sama hal senada di katakan Abdul Haris, Manajer Bidang Distribusi yang mengatakan bahwa masyarakat perlu mengetahui, apabila terjadi pemadaman listrik hal ini  adalah dalam rangka uji coba ini dan diharapkan untuk tidak terlalu panic karena pemadamannya tidak akan berlangsung lama.

“Sistem ini dirancang dengan baik dan tepat, diukur dengan benar, Insya Allah tidak akan padam. Saat ini kapasitas listrik di Kota Palembang sebesar 621 MW, dengan perkiraan beban pada saat simulasi 400 MW. Ini berarti masih ada cadangan 200 MW,” ujar

PLN Wilayah S2JB telah membuat pertahanan sistem kelistrikan sebagai upaya mencegahblackout, yakni dengan membuat kondisi islandatau sistem kecil, yakni island Borang dan island Keramasan, sehingga diharapkan tidak akan terjadi blackout.(rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *