oleh

Pilkades Berpotensi Munculkan Konflik Horizontal

INDERALAYA I Plt Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam menginggatkan kepada seluruh komponen masyarakat, terutama yang akan menggelar hajatan pemilihan kepala desa (pilkades) untuk dapat melaksanakan pilkades dengan damai dan lancar. Sebab, biasanya pelaksanaan pilkades berpotensi terjadi konflik horizontal.

“Tiap calon kepala desa diharap dapat membawa diri dan massanya guna menghindarkan terjadinya konflik horizontal. Bila perlu ada komitmen atau kesepakatan dibuat bersama,”kata Plt Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam, kemarin.

Ilyas mengklaim kalau konflik horizontal itu dapat terjadi disemua desa yang akan melangsungkan pilkades tahun ini. Namun pihaknya telah mengantisipasi hal demikian dengan membuat aturan jelas dan menerjunkan tim pengawasan pilkades.

Ilyas menyebutkan aturan yang dibuat itu seperti adanya kesepakatan antar calon kades untuk bersama-sama melaksanakan pilkades dengan aman dan kondusif tanpa adanya gesekan ditengah masyarakat.

“Kami juga meminta masyarakat desa selaku pemilih dapat memilih calon kades sesuai hati nurani dengan program yang menyentuh masyarakat dan bersinergi dengan program yang dicanangkan Pemkab Ogan Ilir lima tahun ke depan,”jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Ilir H Herman menambahkan pihaknya berjanji akan menuntaskan penyelenggaraan pilkades tahun ini juga yang diikuti sekitar 170 desa.

“Tim dari BPMPD turun melakukan pengawasan terhadap jalannya pilkades. Mudah-mudahan pelaksanaan pilkades tahun ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada konflik horizontal,”terangnya.

Bahkan, pihaknya juga melibatkan pihak kepolisian untuk mengamankan jalannya pilkades serentak.

“Untuk teknisnya satu desa dijaga berapa personil menjadi tanggungjawab Kapolres OI,”terangnya.

Sekda meminta kepada calon kades untuk dapat merancang program yang bersinergi dengan visi dan misi Ogan Ilir lima tahun mendatang.

“Kades merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang menjadi ujung tombak Pemkab OI dalam menjalankan roda pemerintahan. Jadi, calon yang terpilih harus memiliki kredibilitas baik dan diharap dapat bersama Pemkab OI mewujudkan Ogan Ilir gemilang,”ujarnya.  (ST)

Komentar

Berita Lainnya