oleh

Pesan Gubernur: Pilkada Serentak 2020 di Sumsel Harus Utamakan Keselamatan

Pilkada Tahun Ini HD minta Utamakan Keselamatan

# Launching Pilkada OKU secara Virtual

PALEMBANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tujuh Kabupaten / kota di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tentu menjadi perhatian tersendiri bagi Gubernur Sumsel, Herman Deru. Apalagi, Pilkada tahun ini akan dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19.

Melihat ini, Deru meminta agar semua pihak mengutamakan keselamatan dengan harus tetap ikuti aturan Protokol Kesehatan. Adapun ketujuh kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak yaitu Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Pali, Musirawas, dan Kabupaten Musirawas Utara.

“Dalam kondisi pandemi covid-19 ada penambahan ektra lagi bagi kita untuk menyikapi ini tentu mengutamakan keselamatan bagi penyelengaraan, konstituen agar mereka selalu terjaga. Ikuti aturan Protokol Kesehatan maka siapkanlah masker, hand sanitizer agar mereka nyaman dan tidak ragu-ragu untuk datang ke TPS untuk menyalurkan hak-haknya,”kata Gubernur Herman Deru saat hadir pada acara Launching Pilkada OKU secara Virtual di Kantor Camat Simpang Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (22/8/2020).

Bukan sekadar Protokol Kesehatan saja, namun HD menilai Kabupaten OKU ini akan menjadi Kabupaten trancenter, selain merupakan induk dari Kabupaten OKU Timur dan OKU Selatan. Pilkada ini juga dia menilai bukan pilkada yang baru bagi Kabupaten OKU maka setiap penyelengaraannya diawali dan diakhiri dengan baik.

“Ini tanggungjawab kita bersama bukan penyelenggara saja tapi juga pemerintah daerah dan TNI/Polri serta Kejaksaan untuk bekerja ektra keras dalam mempertahankan status zero konfliknya di Kabupaten OKU bahkan Kabupaten ini sebagai kontributor untuk menjaga stabilitas keamanan dan stabilitas politik di Sumsel,”ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam pilkada kali ini tak lupa HD mengingatkan bahwanya Pilkada tahun ini adalah keberhasilan kedewasaan politik bagi masyarakat. “Kita bersama-sama memaknai Pilkada ini adalah masih dalam proses pendewasaan. Semua orang akan menilai keberhasilan dalam pilkada selain keberhasilan bagi penyelenggara baik KPU dan Bawaslu juga Pemerintah setempat. Tapi yang paling penting yakni penilaian terhadap keberhasilan kedewasan politik bagi masyarakat,” tambahnya.

Menurutnya, kedewasaan inilah yang meski dipupuk. “Bahwa kita akan merasakan kebebasan rakyat memilih pemimpin maka tugas kita adalah menyalurkan aspirasi itu melalui kanal yang benar, pelayanan yang benar sehingga partisipasi bisa tercapai secara maksimal termasuk angka kecerdasaan juga dan akhirnya akan terpilih kepala daerah yang maskimal,” harap HD.

Disamping itu, kepada partai politik juga HD minta punya tanggungjawab mutlak terhadap konstituennya bahwa unsur-unsur politik itu baik tokoh partai, para pengurus organisasi diajak untuk turun ke lapangan mensosialisasikan agar maksimal kehadiran yang diharapkan.

“TNI/Polri meskipun tidak punya hak pilih namun terlibat secara tidak langsung dalam pengamanannya sehingga tidak ada hak-hak masyarakat yang tersumbat dalam menyampaikan aspirasinya,” tutup HD.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sumsel, Kelly Mariana sangat mengapreasi kepada Gubernur Herman Deru atas dukungan dan perhatiannya untuk Pilkada ini. Semoga Pilkada di Sumsel dapat berjalan lancar dan kondusif. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya