oleh

Perkuat Ketahanan Pangan di Masa Pandemi 

Lahat | Khawatir Virus Corona atau Covid 19 berimbas pada ketahanan pangan. Pemkab Lahat, menggalakkan penanaman padi di lahan kering. 

Kepala Dinas Pertanian Lahat, Otong Heriadi melalui Kabid Tanaman Pangan Erwan Andwa S.Ip M.Si mengatakan jika tahun ini ada bantuan benih padi gogo untuk lahan kering seluas 250 hektar. Tak hanya benih,  juga akan diberikan bantuan obat dan pupuk. “Ya ini kita lakukan tidak lain untuk memperkuat ketahanan pangan kita di masa Pandemi covid 19,”terangnya,  Minggu (18/10/2020). 

Dijelaskanya,  untuk varietas padi gogo yakni Inpago (Ibrida padi gogo) sendiri katanya bisa menghasilkan kurang lebih 3 ton gabah kering perhektar. “Untuk penanaman menggunakan metode jajar legowo. Juga bisa ditanam dengan tanaman palawija lainnya, dan diberi jarak,” tambahnya.

Lanjutnya bahwa bantuan benih padi tersebut diberikan pada 27 kelompok tani yang tersebar di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat. Sesuai data ada penurunan luasan lahan pertanian di Kabupaten Lahat. Penurunan ini karena beberapa faktor, seperti menjadi areal tambang, pemukiman maupun pendataan ulang lahan pertanian yang bersertifikat. 

“Sehingga yang saat ini dikejar ialah penambahan luasan panen. Artinya lahan tersebut yang biasa satu kali panen dalam setahun, didorong agar dua atau tiga kali panen,”harapnya. (Safitri)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya