oleh

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemprov Sumsel Gelar Vaksinasi Hewan Gratis

PALEMBANG – Memperingati hari rabies sedunia (Word Rabies Day) yang setiap tahunya diperingati  ada tiap tanggal  28 September.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) menggelar  vaksinasi hewan peliharaan secara gratis.

Saat membuka vaksinasi hewan gratis yang di Palembang, Selasa (28/) Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, S.A Supriono mengatakan, word rabies day menjadi momentum sosialisasi bahaya rabies kepada masyarakat.

“Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat terkait penyakit rabies. Tujuannya agar penyakit ini tidak menyebar,” ungkapnya.

Dia berharap, adanya sosialisasi yang baik kepada masyarakat mimicu penurunan tingkat penyebaran rabies di kalangan masyarakat.

“Langkah awal melakukan sosialisasi, termasuk melalui edukasi papan iklan dan imbauan terkait penyebaran rabies,” ujarnya.

Disisi lain, Sekda menilai, RS Hewan pada dasarnya tidak begitu memerlukan ruangan besar, namun yang terpenting kandang yang layak dan berjumlah banyak.

“Peranan RS Hewan Provinsi Sumsel ini menangani sejumlah binatang, termasuk memantau kesehatan hewan yang akan dikonsumsi agar daging yang dikonsumsi masyarakat aman dsri penyakit,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumsel, Ir Ruzuan Efendi, M.M mengaku, tujuan acara ini untuk menyebarluaskan informasi terkait rabies kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan dan penyebaran penyakit rabies.

“Kita gelar bakti sosial berupa pelayanan vaksinasi gratis sejak 15 November lalu, puncaknya hari ini,” terangnya.

Vaksin gratis bagi hewan peliharaan ini, tambahnya, telah diikuti oleh 116 hewan baik jenis kucing, anjing dan lain sebagainya.

“Jumlah ini akan terus bertambah seiring berjalannya pelaksaan vaksin. Terutama hari ini karena menjadi hari puncak peringatan word rabies day 2021,” tegasnya.

Dia menjelaskan, untuk periode 2021, pihaknya telah mencatat ada 2.059 pelayanan hewan milik masyarakat. Sejumlah pelayanan mencakup kucing, anjing hingga landak.

“RS Hewan Sumsel merupakan RS rujukan hewan di Sumsel. Disini bisa Rotgen, USG dan ada empat dokter hewan yang secara bergantian standby untuk melayani pemeriksaan hewan peliharaan,” ucapnya.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera, Lesty Nurainy, Para komunitas pecinta hewan Palembang dan Sumsel. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya