oleh

Pengurus Daerah Kammi Gagas Jayakan Palembang Darussalam

PALEMBANG I Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Palembang menyampaikan gagasan gerakan Jayakan Palembang Darussalam kepada Walikota dalam audiensinya di kantor Setda Palembang, Kamis (4/2/2016).

Ketua KAMMI Daerah Palembang, Hendro mengatakan, melalui gerakan ini pihaknya akan menyiapkan generasi Emas Indonesia dalam menyongsong kejayaan 2045. Menurutnya gagasan ini selaras dengan Program Palembang Emas. “Gagasan ini semacam roadmap besar dalam menyiapkan generasi harapan,”ucapnya.

Dia menambahkan, Palembang sebagai kota metropolitan memang harus siap dan bertanggung jawab dalam menyongsong kejayaan negeri ini ke depan. Beruntung, Palembang sudah banyak dikenal sebagai kota besar yang sukses sebagai tuan rumah berbagai event internasional. Karenanya, generasi muda harus meyakini bahwa Indonesia tidak akan berjaya kalau Palembang tidak berjaya.

Menurut Hendro, ada tiga hal penting untuk dapat melaksanakan Program Jayakan Palembang Darussalam, Jayakan Indonesia. Pertama, generasi muda Palembang harus benar-benar paham dengan sejarah kejayaan masa lalu, baik masa Kerajaan Sriwijaya maupun kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam. Sebab, sejarah akan menjadi inspirasi sekaligus tolok ukur mencapai kejayaan masa depan.

Lalu kedua, jiwa kepahlawanan dan nasionalisme kebangsaan harus melekat pada setiap individu. Patriotisme dan nasionalisme ini menjadi akar penting terhadap rasa cinta tanah air yang terlihat melalui integritas yang tinggi. Oleh sebab itu, semuanya harus ditumbuhkan dari lingkup kecil Palembang Darussalam. Ketiga, kompetensi skill dan kapasitas kepemimpinan serta gerakan yang memadai. Karena tanpa skil dan kapasitas sangat sulit untuk bisa bergerak dalam gelombang zaman.

“Konkritnya, KAMMI Palembang terus mendorong kader untuk menjadi seorang pemikir, ilmuwan, dan akademisi yang terlibat dalam aksi-aksi sosial. Kami juga ada rencana mendirikan Rumah Peradaban Indonesia sebagai wadahnya,”bebernya.

Wali Kota Palembang Harnojoyo menyambut baik gagasan yang disampaikan KAMMI Palembang. Ia berharap organisasi pemuda ini bisa terlibat aktif dalam program Palembang Emas yang menjadi visi besar Kota Palembang, terutama ke depan Palembang akan menghadapi Asian Games 2018. “Programnya sudah sangat selaras dengan program Palembang. Tentu saja akan kami dukung,”imbuh Harnojoyo.

Pada kesempatan audiensi ini juga, KAMMI Palembang menyampaikan agenda Mimbar Kebangsaan pada tanggal 21 Februari 2016 dan National Leadership Training II pada tanggal 25-28 Februari 2016 di Kantor Basarnas Kota Palembang. Yang juga merupakan bagian dari Roadmap “Jayakan Palembang Darussalam, Jayakan Indonesia”. *

Komentar

Berita Lainnya