pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Pemkot Pangkalpinang Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

100
×

Pemkot Pangkalpinang Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

Sebarkan artikel ini
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyebut Surah Al-Alaq Turun di Gua Hira. Dirinya menceritakan sejarah Nuzulul Qur'an
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyebut Surah Al-Alaq Turun di Gua Hira. Dirinya menceritakan sejarah Nuzulul Qur’an dan berharap seluruh ummat muslim dapat lebih menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an.

Demikian peringatan Nuzulul Quran yang digelar Pemkot Pangkalpinang di panggung Taman Sari samping rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang, Sabtu (8/4/2023).

“Kita telah memasuki hari ke-17 Ramadhan 1444 H dan juga dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an hari ini. Di tempat ini setiap hari diadakan tadarus dan sholat Taraweh bersama. Mengenai sejarah Nuzulul Qur’an atau peristiwa turunnya Al-Qur’an, pada zaman nabi Muhammad SAW. Dimana, pada saat itu Rasulullah menerima wahyu lima ayat dari surah Al-Alaq,” kata Molen.

Molen menuturkan, peristiwa turunnya ayat suci Al-Quran yang pertama di Gua Hira melalui malaikat jibril. Ketika itu Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu surah Al-Alaq.

“Nah inilah sejarahnya, peristiwa yang setiap tanggal 17 Ramadhan kita peringati, menurut saya Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa penting bagi ummat Islam di seluruh dunia,” ujarnya.

Mengingat pentingnya peran Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman, Molen berharap dengan adanya peringatan Nuzulul Qur’an ini seluruh umat muslim dapat lebih menghayati dan mengamalkan ajaran yang terkandung didalam Al-Qur’an.

“Saya harap ini bukan hanya peringatan saja, tapi kita harus tahu sejarahnya juga, makna dari turunnya ayat Al-Qur’an yang pertama, nanti pak ustadz yang ngupas. Mari kita kedepankan ukhkuwah dan silaturahmi serta mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman dan pegangan dalam hidup,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Molen menginfokan Masjid Agung Kubah Timah akan segera menjadi tempat melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan seperti tadarus dan sebagainya.

“Semoga saja kita semua sehat dan selamat dunia akhirat. Apa yang kita pikirkan semua tercapai sesuai dengan rencana. Saya mengundang bapak dan ibu semua untuk datang open house di Rumah Dinas Wali Kota pada hari raya Idul Fitri 1444 H, dalam rangka mempererat silaturahmi. Kami juga mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin,” tandasnya.

Malam peringatan Nuzulul Quran itu, Wali Kota Pangkalpinang menyerahkan secara simbolis santunan anak yatim piatu dan dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustadz Yadi Fajri. (Merpinas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *