pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Pemkab OKI Dukung Penuh IWO Tingkatkan Kompetensi Wartawan

102
×

Pemkab OKI Dukung Penuh IWO Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) mendukung penuh upaya peningkatan kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) mendukung penuh upaya peningkatan kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diinisiasi oleh Ikatan Wartwan Online (IWO) Kabupaten OKI. Kegiatan ini merupakan agenda kedua setelah kegiatan yang sama sukses terlaksana pada 2018 lalu.

Bupati OKI melalui Asisten bidang Administrasi Umum, Hj. Nursulla, S.Sos mengatakan, Uji Kompetensi Wartawan ini menjadi ajang untuk menjaring wartawan kompeten yang mampu meramu fakta empiris secara cerdas dan menyajikannya dengan baik sehingga mudah untuk dipahami masyarakat.

“Kompentensi makin terasah, informasi dan fakta yang diolah makin kaya serta kualitas dan profesional jadi lebih terjaga,” kata Nursulla saat pembukaan UKW di Kayuagung, Jumat (26/8/2022).

Nursulla menginginkan para jurnalis dapat bersungguh-sungguh menunjukan kemampuan terbaiknya. “Semakin banyak rekan jurnalis kompenten hal ini semakin bagus. Dengan begitu agregrasi informasi jadi lebih terorganisir. Semoga semua bisa lulus kompetensi,” katanya menambahkan.

Ketua Pelaksna Kegiatan, Darfian Mahar Jaya Suprana mengatakan, pada UKW pertama dilaksanakan oleh IWO Kabupaten OKI pada tahun 2018 lalu diikuti oleh 28 peserta di mana 22 wartawan dinyatakan kompeten. Sedangkan pada UKW yang digelar kali ini yang masih bekerjasama dengan UPN Yogyakarta diikuti oleh 31 orang jurnalis dari Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

“Uji Kompetensi Wartawan ini untuk mengukur kemampuan para jurnalis, ini bukan soal kelulusan semata tetapi tanggungjawab untuk melahirkan wartawan professional, berintegritas dan bekerja sesuai kode etik wartawan,” kata Darfian.

Dia juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten OKI yang sangat mendukung dan turut mensukseskan Uji Kompetensi Wartawan ini.

Sementara itu, Dr. Agung Prabowo salah satu Tim Penguji menyampaikan, sejak 2013 ia dan beberapa rekan dari UPN Jogjakarta telah mendapatkan lisensi untuk melakukan uji kompetensi Wartawan. “Uji Kompetensi ini sebagai strategi untuk menjaga profesional dan kinerja para wartawan sesuai dengan standarisasi yang berlaku,” jelasnya.

Agung juga turut senang dengan kualitas berita wartawan di OKI yang semakin membaik sejak UKW 2018 lalu. (Romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *