pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Pemkab OKI Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dari Sekolah dan Perkantoran

58
×

Pemkab OKI Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dari Sekolah dan Perkantoran

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

OKI – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Goes to School and Goes to Office diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, bertujuan untuk merubah mindset dari pembeli menjadi produsen, bertempat di Jakabaring Sport City, Ahad (25/2/2024).

Pj. Bupati OKI Asmar Wijaya mengaku akan turut mendukung serta menyukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan tersebut.

“Pada prinsipnya kita siap mendukung. Program ini juga bagus untuk melatih kemandirian pangan dengan mengoptimalkan lahan dan pekarangan yang ada. Hal ini juga perlu ditopang dengan mindset untuk tidak terlalu konsumtif,” ungkap Asmar.

Ia menambahkan, para siswa ini juga dapat berlatih sejak dini untuk merawat tanaman hingga bisa panen.

“GSMP ini juga melatih kemandirian, tanggung jawab dan kecakapan para siswa untuk dapat mengelola sumber daya yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni menyampaikan GSMP goes to school sendiri bertujuan menanamkan pola pikir kepada para siswa di sekolah untuk memproduksi sendiri kebutuhan pokoknya sejak anak-anak. Sehingga, sambung dia, ini akan menjadi pola hidup mereka dan pada akhirnya akan menjadi budaya para pelajar di masa mendatang.

“Menjadi apapun profesi para pelajar ini nantinya, pola hidup yang produktif dan budaya bercocok tanam ini akan melekat. Terima kasih dan apresiasi untuk seluruh pihak terlibat dalam Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Goes to School dan Goes to Office,” tambahnya

Fatoni dalam interaksi secara virtual dengan para kepala sekolah di wilayah Provinsi Sumatera Selatan bersama dengan Bank Indonesia akan membagikan 5.000 bibit cabe pada SMA / SMK yang terpilih sebagai pilot project program GSMP ini.

“Nanti kalau sudah berhasil, kita bisa panen bersama-sama,” harapnya.

Di akhir sesi, Pj. Gubernur Sumatera Selatan itu memberikan bibit secara simbolis kepada para pelajar SMA dan SMK di wilayah Sumsel, serta memberikan doorprize satu sepeda listrik kepada siswi dari SMAN 19 Palembang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *