pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Pemkab OKI dan Bukopin Kerjasama Buka Ruang Digital Bagi UMKM

47
×

Pemkab OKI dan Bukopin Kerjasama Buka Ruang Digital Bagi UMKM

Sebarkan artikel ini
IMG-20210303-WA0022
pemkab muba

OGAN KOMERING ILIR – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjajaki kerjasama dengan Bank Bukopin terkait pemberian dukungan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), lokal di Kabupaten OKI. Sebagai bentuk keseriusan kedua belah pihak hadir langsung pada pertemuan di Ruang Rapat Pemda OKI, Rabu, (3/3/2021).

“Kami adalah bank operasional pemerintah yang konsen pada ekonomi kerakyatan, sama-sama memiliki kewajiban untuk mengembangkan UMKM dan usaha mikro agar mampu bersaing di pasar global,” ungkap Rifan.

Salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid-19 adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang juga menggerek turunnya perekonomian nasional. “Hal ini bisa dipahami karena UMKM mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional,” tambah Rifan.

Untuk itu, Bukopin menurut dia, membuka ruang kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendokrak sektor UKM dengan memberi Ruang Digital untuk UMKM. “Ruang Digital yang tepat adalah yang mempunyai ekosistem yang bisa mendorong sebuah pemberdayaan bagi UMKM” ungkap pria yang pernah menjabat direktur keuangan PT KAI itu.

Wakil Bupati OKI, Dja’far Shodiq menyambut antusias rencana kerjasama itu. Menurut dia intervensi dari pemerintah dan swasta sangat dibutuhkan untuk mendukung iklim usaha di sektor mikro ini.

“Kami sepakat UMKM yang ada di desa-desa memerlukan dukungan dari semua stakeholder baik pengembangan usahanya, permodalan hingga pemasaran. Apalagi di masa pandemi ini semua sektor terpukul,” tegasnya.

Shodiq juga meminta Bukopin untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan OPD terkait untuk mendorong sektor UKM di OKI untuk pemulihan ekonomi akibat Pandemi. (Romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *