pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Pemkab Muba Sisir SDM Usia Produktif di Bidang Kelistrikan

75
×

Pemkab Muba Sisir SDM Usia Produktif di Bidang Kelistrikan

Sebarkan artikel ini
IMG-20200923-WA0035
pemkab muba

MUSI BANYUASIN – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus melakukan percepatan pencapaian visi dan misi. Salah satunya di bidang ketenagakerjaan, kali ini Bupati Muba Dr Dodi Reza diwakili Wakil Bupati Muba Beni Hernedi mulai menyisir dan menginventarisir SDM lokal usia produktif bidang kelistrikan untuk mendapatkan pelatihan dari BLK-Disnaker Muba dengan menggandeng PLN.

Pelaksanaan Kesepakatan Bersama (MoU) dan Perjanjian Kerjasama kali ini dilakukan Pemkab Muba bersama PLN (Persero) Wilayah Sumsel. “Kerjasama ketenagakerjaan kali ini kita fokuskan di bidang kelistrikan, jadi kita menyisir SDM lokal di usia produktif untuk mendapatkan pelatihan dari BLK-Disnaker dengan bekerjasama bersama PLN Sumsel,” ungkap Wabup Muba Beni Hernedi.

Dijelaskan Beni, ada beberapa kerjasama yang dijajaki nantinya, diantaranya kerjasama Pelatihan dan Penyiapan Kompetensi dan wirausaha bagi Pencari Kerja Lokal khususnya usia produktif (pemuda/milenial) agar bisa bersaing di pasar kerja industri terutama di perusahaan dlm wilayah Muba khususnya.

Lalu, Kerjasama Pelatihan dan Penyiapan bagi Pencari Kerja Lokal khususnya usia produktif (pemuda/milenial) untuk Jurusan Kelistrikan. “Kemudian, Kerjasama pemagangan seluruh peserta pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-Disnaker Muba terutama Jurusan Kelistrikan,” imbuhnya.

Pelatihan dan Penyiapan Tenaga Pencari Kerja Lokal Penyandang Disabilitas ini agar dapat diterima bekerja di sektor swasta dan pembinaan kewirausahaan. Beni menambahkan, tujuan kerjasama ini dilakukan guna membangun komitmen bersama mengurangi angka kemiskinan.

“Selain itu, membangun Komitmen bersama mengurangi angka pengangguran dan Peningkatan SDM para Pencari Kerja Muba agar dapat bersaing di pasar kerja industri,” ulasnya.

Kepala Disnaker Muba, Mursalin menerangkan, kerjasama ini juga lanjutan dari kerjasama-kerjasama sebelumnya dalam upaya pemberdayaan SDM lokal di Muba agar dapat terserap dalam dunia kerja. “Selain itu, dengan kerjasama ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan daya saing SDM tenaga kerja di Muba,” ucapnya.

Lanjut Mursalin, adapun dalam pertemuan tersebut PLN sepakat membangun kerjasama dengan BLK-Disnaker Muba dalam pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) – jurusan kelistrikan utk pencari kerja di Muba sekaligus siap menerima program pemagangan-sertifikasi industri di PLN utk seluruh jurusan selain kelistrikan.

“Hal ini merupakan langkah strategis untuk penyiapan tenaga kerja bidang keistrikan di Muba. Karena sertifikasi bidang kelistrikan dapat diserap oleh pasar kerja sektor lainnya seperti perkebunan, kehutanan, pertambangan dan lain-lain,” jelasnya.

Selain itu pula, pelatihan kewirausahaan yang berbasis kemitraaan dalam hal pelatihan, modal usaha dan pemasaran dan Siap membantu infrastruktur kelistrikan untuk wilayah relokasi trasnmigrasi Jud nganti SP3. “Kemudian, PLN siap bekerjasama penyaluran program kebeasiswaaan para pencari kerja di Muba.

Sementara itu, Manager PLN UP3 PLB Nanang Prasetyo, menyambut baik kerjasama dalam bidang pemberdayaan SDM lokal Muba di bidang kelistrikan. “Kami siap bekerjasama dengan Pemkab Muba, apalagi tujuan kerjasama ini sangat positif sekali,” terangnya.

Nanang berharap, agar melalui kerjasama ini nantinya pihak PLN dapat turut andil berkontribusi meningkatkan kualitas SDM Muba di bidang kelistrikan. “Semoga nantinya kerjasama ini berjalan lancar dan baik,” tandasnya. (Endang S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *