pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Pemkab Muba Pulihkan Tujuh Rumah Warga Prasejahtera

124
×

Pemkab Muba Pulihkan Tujuh Rumah Warga Prasejahtera

Sebarkan artikel ini
Usaha untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Bumi Serasan Sekate melibatkan semua pihak, terus ditingkatkan oleh Pj Bupati Apriyadi Mahmud.
pemkab muba

Usaha untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Bumi Serasan Sekate melibatkan semua pihak, terus ditingkatkan oleh Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Kali ini, mantan Kadinsos Pemprov Sumsel tersebut menggunakan dana APBD untuk memulihkan rumah warga prasejahtera melalui program Pembangunan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Setidaknya tujuh unit rumah warga berpenghasilan rendah atau kalangan prasejahtera ditargetkan untuk direnovasi agar layak huni.

“Kami sangat bersyukur atas bantuan pembangunan rumah dari Pak Bupati Apriyadi,” ungkap Amir (53), salah satu warga Desa Epil, Kecamatan Lais saat menerima kedatangan Pj Bupati Apriyadi Mahmud dan Pj Ketua TP PKK Asna Aini dalam kunjungan mereka untuk meninjau Pembangunan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Kamis (6/7/2023).

Ia menceritakan, dirinya beserta istri dan lima anak telah tinggal di rumah yang tidak layak huni selama puluhan tahun.

“Kami khawatir rumah ini akan roboh saat hujan. Sekarang, berkat perbaikan ini, rumah kami menjadi layak huni,” ucapnya dengan rasa syukur.

Tidak hanya Amir, warga Desa Epil lainnya yang juga menerima bantuan renovasi rumah BSPS adalah Mulyadi (65) yang merasa bahagia atas bantuan tersebut.

Pj Bupati Apriyadi Mahmud menjelaskan bahwa Pemkab Muba terus berupaya maksimal dalam mengatasi kemiskinan ekstrem, salah satunya melalui program renovasi rumah.

“Kami melibatkan berbagai instansi, tidak hanya melalui Dinas Perkim, tetapi juga melalui Baznas Muba untuk memberikan bantuan renovasi rumah,” terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa upaya lain dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di Muba adalah dengan memberikan pendapatan dasar (basic income) sebesar Rp32 miliar kepada warga prasejahtera di Muba selama enam bulan ke depan.

“Program basic income ini telah dianggarkan dan akan segera direalisasikan kepada warga yang tergolong dalam kategori kemiskinan ekstrem,” jelasnya.

Lebih lanjut, upaya-upaya tersebut dilakukan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem di Muba. “Kami akan terus mempercepat dan langsung menyasar warga yang berhak mendapatkan bantuan,” tandasnya.

Selain meninjau Pembangunan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Epil, dalam kunjungan ke Kecamatan Lais ini, Pj BupatiApriyadi Mahmud juga memastikan progres pembangunan Masjid Al-Hurriyah di Dusun II Desa Lais, Kecamatan Lais, berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, proyek ini sedang berjalan, dan kami berharap dapat segera diselesaikan,” kata Pj Bupati Muba saat peninjauan.

Camat Lais, Marsopi, yang turut mendampingi peninjauan tersebut, menyatakan bahwa pembangunan masjid ini sepenuhnya merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Muba. Hal ini menunjukkan perhatian Pemerintah Kabupaten Muba terhadap masyarakat Lais.

“Terima kasih kepada Bapak Pj Bupati dan Ibu yang telah hadir untuk meninjau program-program yang dilaksanakan di Kecamatan Lais. Kami juga berterima kasih kepada Dinas Sosial yang telah memberikan paket sembako kepada semua penerima Program BSPS,” ujar Marsopi.

Selain itu, kunjungan ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Muba Nopri dari Fraksi Golkar, Kepala Dinas Sosial Muba Ardiansyah, Kabid Perumahan Dinas Perkim Muba Sudinarto, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Lais.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *