Lahat

Pemkab Lahat Kembali Rekrut CASN

76

Lahat – Kabar gembira bagi warga Kabupaten Lahat, Pemkab Lahat tahun 2024 ini kembali akan membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), baik dari jalur Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, SSTP M. Si disampaikan
Kepala BKPSDM Lahat, M Aries Farhan, melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Aparatur, Anton Akbar membenarkan, Lahat tahun ini akan kembali membuka rekrutmen CASN. Pihaknya sejak akhir tahun 2023 lalu, sudah menyampaikan usulan kebutuhan pegawai Kemenpan RB, ditambah pada Januari lalu, soal kebutuhan anggaran sudah disetujui Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi.

“Usulan yang disampaikan ke Kempan RB ada sebanyak 6.561 orang. CPNS sebanyak 2.034 orang, PPPK sebanyak 4.527 orang. Tapi itu baru yang diusulkan, kita belum tahu jumlah pasti yang disetujui oleh Kemenpan RB,” ujar Anton, Rabu (12/6/2024).

Anton menambahkan, jumlah yang diusulkan tersebut didapat berdasarkan hasil rekapitulasi Bidang Organisasi Setda Lahat, yang melihat berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja (Anjab dan ABK) dari tiap OPD jajaran Pemkab Lahat. Namun, jika dilihat dari prinsip kebutuhan pegawai, kebutuhan ASN untuk Pemkab Lahat dinilai masih cukup banyak.

“Dari total usulan itu, formasi yang mendominasi yakni tenaga kesehatan, guru dan Satpol PP. Untuk juknis lebih lanjut, kita masih menunggu info dari BKN dulu,” jelas Anton.

Sebelumnya, dalam surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) terkait ketersediaan anggaran yang ditandatangani Rabu (31/Januari/2024), Pj Bupati Lahat dalam poin satu sudah menyatakan, Pemkab Lahat siap mengalokasikan anggaran gaji ASN, tunjangan ASN, pelatihan dasar CPNS, dan pengembangan kompetensi ASN pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024. Dengan total usual sebanyak 6.561 ASN.

“Pemkab Lahat sudah siap melaksanakan rekrutmen CASN. Anggaran sudah dialokasikan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, tinggal menunggu persetujuan dari Kemenpan RB saja,” sampainya. Sfr

Exit mobile version