pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Pemkab Lahat Bedah 27 Rumah di Lubuk Mabar

273
×

Pemkab Lahat Bedah 27 Rumah di Lubuk Mabar

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Lahat – Upaya peningkatan kesejahteraan warga terus dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Lahat. Sebanyak 27 unit rumah di Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, kini tengah menjalani proses pembenahan.

Wakil Bupati Lahat, H Haryanto, SE MM MBA, secara resmi meluncurkan pembangunan ini pada Selasa (22/8/2023).

Tak hanya program bedah rumah, dalam kesempatan tersebut, Haryanto juga meresmikan masjid Al-Ikhlas, meletakkan batu pertama untuk pembangunan lintasan jogging track, serta membuka turnamen sepak bola Lubuk Raya Cup.

Yeni Fitriana, Kepala Desa Lubuk Mabar, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan kepada warganya.

Ia berharap bahwa pembenahan rumah ini dapat memberikan perbaikan signifikan dalam kualitas hidup para penerima manfaat.

“InsyaAllah pada tahun ini, kami juga akan menyaksikan pembangunan jalan baru yang menghubungkan Desa Lubuk Mabar dengan Desa Lubuk Tube, yang akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,” imbuhnya.

Taufik Hidayat, salah satu tokoh masyarakat setempat, juga mengekspresikan kebanggaannya akan perkembangan yang terjadi di desanya.

Ia mengingatkan bahwa beberapa tahun lalu, desa Lubuk Mabar masih mengalami keterbatasan akses listrik, namun saat ini cahaya telah menyinari desa tersebut.

Infrastruktur jalan juga telah berkembang, sehingga akses masuk ke desa tidak lagi membutuhkan hewan kerbau.

“Dulu kita harus ke sungai untuk keperluan buang air. Kini, warga kami sudah dapat menikmati MCK (Mandi, Cuci, Kakus),” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lahat, H Haryanto, menjelaskan bahwa di tahun 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lahat telah menganggarkan bantuan stimulus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain program bedah rumah, rencananya akan ada 700 unit rumah yang akan diperbaiki di seluruh Kabupaten Lahat.

“Progres pembangunan saat ini telah mencapai 80 persen. Selain itu, dalam sektor pertanian dan peternakan, Pemerintah Kabupaten Lahat juga akan mendistribusikan bibit ternak dan ikan beserta pakan, serta bibit tanaman beserta pupuknya,” jelas Haryanto. (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *