oleh

Pemkab Basel Minta PT Timah Segera Tutup Lubang Bekas Tambang

TOBOALI – Pemkab Bangka Selatan akan segera menyurati PT Timah Tbk guna meminta perusahaan plat merah tersebut menutup lubang-lubang yang menganga akibat pertambangan timah di belakang Kantor Bupati.

Bupati Bangka Selatan melalui Penjabat (Pj) Sekda, Achmad Ansyori meminta PT Timah Tbk bertanggungjawab untuk segera menutup lubang bekas tambang yang berada tak jauh di Kantor Bupati Basel tersebut.

“Pemkab melalui badan lingkungan hidup dalam waktu dekat segera menyurati PT Timah Tbk untuk meminta mereka dan mitranya menutup lubang lubang yang telah ditambang,” ujarnya, Selasa (18/8/2020).

Menurutnya, saat ini perizinan tambang memang berada di tingkat provinsi namun secara estetika lokasi tambang tersebut berdekatan dengan Kantor Bupati Basel dan membuat pemandangan tak enak.

“PT Timah dan mitranya berhak menambang di IUP nya, tetapi mereka juga berkewajiban untuk mereklamasi kembali. Ya minimal lubangnya diratakan terlebih dulu, sangat tidak elok jika dipandang,” ujarnya.

Biasanya mitra PT Timah Tbk membayar jaminan reklamasi ke Pemprov Babel. Artinya jika reklamasi tidak dilakukan mitra, dana dapat digunakan untuk mereklamasi dan menutup lubang yang telah ditambang. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya