oleh

PEMDES Sukamaju Latih Kualitas Kader Posyandu

MUBA | Upaya percepatan pembangunan di Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat dibidang Kesehatan terus digalakkan. Pemerintah Desa terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang ramah, baik, adil dan murah untuk masyarakat Desa melalui pelatihan seluruh Kader Posyandu di Gedung Balai Desa Sukamaju. Kamis, 05/09/2019).

Kepala Desa Sukamaju Ayatullah Komayni, A.Md melalui Sekretaris Desa Susandi, S.Sos.I mengatakan bahwa untuk pembangunan Desa Sukamaju tidak berfokus pada pembangunan infrastruktur umum, tapi juga konsen pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan tenaga kesehatan seperti Bidan Desa dan Kader Posyandu.

“Salah satu upaya Pemerintah Desa untuk meningkatkan pelayanan yang ramah dan baik kita terus adakan pelatihan untuk Bidan-Bidan Desa dan kadernya agar dapat melayani dengan sepenuh hati, senyum dan juga cinta,” tutur Sekdes Susandi.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut tidak menggunakan anggaran dana Desa atau APBDes melainkan inisiatif Kepala Desa. 

“Sebenarnya kegiatan ini tidak ada anggarannya bapak ibu dalam APBDes tapi Bapak KADES berusaha untuk melaksanakan kegiatan ini, demi peningkatan kualitas pelayanan yang baik aman, ramah dan murah untuk masyarakat,” ujarnya.

“Diucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu Kader Bumil, Kader Balita dan Kader Lansia yang sudah membantu para bidan melaksanakan kegiatan-kegiatan Posyandu di Desa Sukamaju. Kami tahu tugas Kader tidaklah mudah jadi kami sangat apresiasi atas dedikasinya,” imbuhnya.

“Kami mohon bantuan kepada bapak ibu Kader untuk menjadikan Desa Sukamaju “Desa Sehat” terutama di Kecamatan Babat Supat menuju Desa Sukamaju Berkah,” Katanya.

Puskesmas Sungai Lilin melalui Hj. Surya Am.Keb selaku pembicara pada pelatihan tersebut mengharapkan para Kader dapat memiliki jiwa sosial yang tinggi, dapat bersosialisasi dengan masyarakat dan memahami kondisi adat istiadat sekitar.

“Diharapkan nantinya para Kader dapat bersosialisasi dengan baik di masyarakat dan memahami kondisi lingkungan agar dapat membantu Bidan dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat,” harapnya.

Ia menjelaskan tugas-tugas Kader dalam materi yang disampaikan.

“Tugas Kader adalah melakukan pendekatan kepada lembaga, melakukan pendataan, mendorong masyarakat untuk datang ke Posbindu PTM dan membantu Bidan dalam mempersiapkan Kegiatan Posyandu,” Bebernya.

Sementara itu Bidan Desa Diyah Purnama Sari, S.Tr.Keb mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas Kader dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada Masyarakat.

“Tujuan pelatihan ini adalah upaya meningkatkan kualitas para Kader dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat di Desa Sukamaju,” katanya saat dikonfirmasi disela-sela acara pelatihan.

Pelatihan Kader Posyandu Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat diikuti seluruh Bidan Desa sebanyak empat orang,

Kader Posyandu sebanyak enam puluh tiga  peserta dari empat Poskesdes yaitu Poskesdes Assyifa, Poskesdes Bougenville, Poskesdes Melati dan Poskesdes Mutiara Hati.(Syaikodir)

Komentar

Berita Lainnya