oleh

Pembuatan e-KTP Perantau di OKI Tahap Sosialisasi

Ilustrasi : Detikcom
Ilustrasi : Detikcom

KAYUAGUNG I Guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam segi administrasi kependudukan.

Pemerintah pusat memberikan keluasaan bagi masyarakat yang berada diluar domisili atau perantau untuk melakukan perekaman e-KTP di daerah tempatnya tinggal.

Sistem baru pembuatan KTP ini mulai diberlakukan per 1 April 2016 sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Mendagri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

Untuk menyukseskan program nasional ini pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Komering Ilir (OKI) mengaku, telah siap melaksanakan rekam e- KTP terhadap warga di luar domisili baik yang belum merekam ataupun hilang.

Namun, hingga saat ini belum dapat diterapkan lantaran masih menunggu upgrade sistem aplikasi penyesuaian database. “Bila sudah di updgrade maka perekaman e- KTP luar domisili baru bisa dilakukan,” ujar Kadisdukcapil OKI, Kholid Hamdam.

Menurutnya, terkait permasalahan itu pihaknya masih menunggu ketentuan dari pemerintah pusat. “Kalau upgrade aplikasinya satu sampai dua hari selesai. Tapi siap atau tidaknya perekaman belum dapat kabar dari Dukcapil pusat,” sambungnya.

Katanya, selain perekaman e- KTP bagi warga luar domisili atau perantau, Disdukcapil juga menyiapkan e- KTP untuk warga negara asing (WNA) “Untuk jumlah WNA dan perantau yang ada di OKI belum bisa dipastikan berapa jumlahnya akan tetapi dengan adanya PT Pulp and Paper di OKI maka banyak juga WNA yang bekerja disana,” ungkapnya lagi.

Kata Kholid, hingga saat ini untuk rekam dan cetak e-KTP OKI sudah mencapai 80 persen atau 387ribuan warga dari total warga wajib e-KTP sebanyak 484ribuan warga. Pihaknya juga dalam waktu dekat menyiapkan satu unit mobil untuk pelaksanaan rekam e- KTP bagi warga yang belum merekam.

“Saat ini kita sedang mengconect sistem dari server dukcapil OKI ke servel mobil. Bila sudah siap dalam waktu dekat ini maka kita akan jemput bola, dan mobile menjaring warga yang belum merekam dan mencetak e-KTP,” sambungnya. (Romi Maradona)

Komentar

Berita Lainnya