oleh

BPBD Sumsel Salurkan 3Ton Beras Bagi Korban Banjir di Ogan Ilir

INDERALAYA I Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir di pemukiman transmigrasi SP 2 Desa Tanah Abang, Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jumat (1/4/2016). BPBD Sumsel menggelontokan 3 ton beras, matras, lauk pauk, makanan bergizi dan kebutuhan pokok lainnya serta peralatan dapur kepada 48 Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak banjir.

Bantuan kemanusiaan tersebut diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Ilir H Herman didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Setda OI H Wilson dan diteruskan langsung ke puluhan korban banjir.

Kepala BPBD Sumsel H Yulizar Dinoto menyatakan, bantuan kepada korban bencana banjir ini bukan saja diberikan ke Kabupaten OI, melainkan ke kabupaten lain yakni Kabupaten Muba, Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Muratara.

“Untuk jumlah bantuannya sangat bervariasi. Seperti di Kabupaten Muba, kami memberikan bantuan berupa beras 12 ton lebih,”terangnya.

Dia mengaku musibah bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Muara Kuang lebih diakibatkan oleh terus meningkatnya intensitas hujan sehingga aliran Sungai Ogan menjadi pasang.

Dia hanya berharap bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban masyarakat selaku korban banjir.

“Tentu bantuan yang diberikan ini lebih ke sisi perekonomian yang ada kaitannya dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Akibat bencana banjir ini jelas sangat berpengaruh terhadap aktivitas perekonomian warga. Warga tak bisa melakukan aktivitas bercocok tanam dan berkebun,”jelasnya.

Sementara itu, Sekda OI H Herman menambahkan pihaknya sangat mengapresiasi pemerintah provinsi yang proaktif dalam memberikan bantuan terhadap korban banjir yang ada di OI.

Saat ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kecamatan setempat untuk mendata dan mengetahui berapa kuantitas kepala keluarga yang rumahnya terkena banjir.(ST)

Komentar

Berita Lainnya