oleh

Pembangunan Taman Di Samping Kantor Pol PP Babel Bukan Menggunakan APBD Provinsi

PANGKAL PINANG – Pembangunan taman yang terletak di samping Kantor Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ternyata merupakan tanggung jawab dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUKM) Babel.

“Lahan tersebut memang merupakan aset pemerintah provinsi (pemprov), saya dipercaya oleh Pak Gubernur agar lahan tersebut dapat dimanfaatkan,” kata Kepala Dinas KUKM Babel, Elfiyena kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/11/2020).

Dia menjelaskan, pembangunan taman tersebut tidak menggunakan dana dari APBD provinsi, melainkan kontribusi dari pihak sponsor yakni Forum Masyarakat Petani (Formap) Babel.

“Ada komunitas yaitu Formap yang mau mengelolanya, kami menertibkan administrasinya, sehingga nanti jangan sampai terjadi keributan dalam pemanfaatan lahan tersebut, jadi kami tahunya dengan komunitas itu saja, kita tidak pakai APBD, mereka yang menyiapkan anggarannya,” ujarnya.

Kendati demikian, diutarakan dia, pihaknya tetap akan mengawasi pengelolaan taman tersebut. “Dia (Formap-red) tetap koordinasi sama kami, artinya kita menyiapkan tempat-tempat pemasaran disaat pandemi ini, bagaimana mereka bisa memasarkan untuk produk-produk UMKM mereka,” terangnya.

“Kalau bukan UMKM, jangan coba memasarkan disana, jadi intinya lahan itu adalah fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah dan mereka yang mengelolanya, karena anggota mereka banyak, per kabupaten/kota sudah ada komunitas mereka,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, penggunaan lahan yang dikelola oleh para pelaku UMKM dari komunitas Formap ini untuk sementara tidak dipungut biaya retribusi selama satu tahun.

“Nanti kita coba dulu setahun berjalan, kita kan belum tahu perkembangan UMKM itu kedepannya, jadi nanti kita atur retribusi untuk PAD kita, kalai sudah bagus berjalan, boleh kita buatkan aturannya, tapi kalau masih tersendat-sendat, ya jangan dulu lah,” tandasnya. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya