oleh

Pelabuhan Tanjung Carat Diyakini akan Menjadi Outlet Kemajuan Ekonomi Sumsel

PALEMBANG | Dukungan berbagai pihak termasuk para pengusaha memang sangat dibutuhkan untuk percepatan terealisasinya pembangunan pelabuhan samudera Tanjung Carat Banyuasin Prov. Sumsel.

Sebab itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak para pengusaha dari berbagai asosiasi yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk berupaya berkontribusi dan memberikan dukungannya terhadap pembangunan pelabuhan yang akan menjadi pusat ekspor impor Sumsel tersebut.

“Pelabuhan Tanjung Carat ini memang sangat dibutuhkan agar semakin menggeliatkan kegiatan ekspor impor. Dengan begitu, ekonomi di Sumsel semakin meningkat. Namun, hal ini harus ada dukungan dari Kadin sebagai wadah pengusaha untuk mendorong percepatan pembangunan pelabuhan samudera ini,” kata Herman Deru, ketika menghadiri pelantikan pengurus Kadin Sumsel, di Ballroom Hotel Santika Premiere, Kamis (25/3).

Dia meyakini, adanya pelabuhan Tanjung Carat tersebut dapat menjadikan Sumsel sebagai outlet kemajuan ekonomi dan pemulihan ekonomi.

“Untuk itu, hal ini menjadi konsen kita. Pelabuhan ini dapat menjadi outlet perkembangan ekonomi di Sumsel sehingga kesejahteraan masyarakat pun meningkat,” terangnya.

Disisi lain, Herman Deru berharap Kadin Sumsel dapat menjadi wadah bagi seluruh bidang usaha tanpa melihat kasta.

“Karena Kadin ini merupakan tumpuan masyarakat. Perkembangan usaha dan industri di Sumsel ini menjadi tanggung jawab Kadin sebagai wadah berbagai asosiasi pengusaha. Apalagi Kadin ini sebagai penghubung antara pengusaha dan pemerintah. Tentunya peran Kadin sangat dibutuhkan dan diharapkan Kadin jangan jadi penonton dalam upaya peningkatan perekonomian ini,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Novyan Bakri mengapresiasi dukungan dan kepedulian Gubernur Herman Deru terhadap Kadin. Dukungan tersebut menandakan jika sinergitas antara pengusaha dan pemerintah telah berjalan baik.

“Di masa pandemi ini, tantangan dunia usaha semakin besar dan hal itu harus disikapi secara cermat sehingga dunia usaha dapat terus tumbuh di situasi ini. Adanya dukungan pemerintah, harus menjadi penyemangat kita untuk berjuang,” katanya.

Menurutnya, saat ini Kadin terus melakukan berbagai langkah untuk kemajuan dunia usaha salah satunya dengan bergerak bersama.

“Kemajuan itu penting, namun yang terpenting lagi adalah kemajuan itu harus dapat dirasakan bersama-sama mulai dari daerah hingga tingkat nasional. Apalagi, untuk menuju kemajuan ini kita telah didukung oleh infrastruktur yang baik di Sumsel sehingga konektivitas ke berbagai daerah lancar,” bebernya.

Senada dengan itu, Ketua Umum Kadin Sumsel H Dodi Reza Alex mengatakan, Kadin Sumsel sendiri memiliki motivasi untuk mendorong dunia usaha tumbuh dengan cepat di Sumsel.

“Tentu kita akan menjembatani asosiasi pengusaha. Berbagai organisasi telah menyatu di dalam Kadin Sumsel ini,” ucapnya.

Selain itu, dia menyebut, Kadin Sumsel bersama pemerintah akan terus berupaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Kita berupaya untuk percepatan pemulihan ekonomi ini. Kehadiran Kadin Sumsel ini akan menjadi mitra strategis pemerintah,” pungkasnya. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya