oleh

PAUD dan TK Swasta di OKU Terima BOP 2016

BATURAJA I Untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan taman kanak – kanak (TK) dan pendidikan anak usia dini (PAUD) swasta yang ada di wilayah Kabupaten OKU, tahun ini mulai akan menerima dana Bantuan Operasional Penyelengaraan (BOP) PAUD yang akan dikucurkan secara langsung oleh pemerintah pusat. sementara proses pencaiaran dana bantuan tersebut, langsung dicairkan dari pusat ke rekening lembaga baik TK ataupun PAUD. Demikian diungkapka kepala seksi (Kasi) pendidikan Luar Sekolah (PLS) dinas pendidikan Kabupaten OKU HEryani SSos.

Menurutnya, pemberian dana BOP PAUD tersebut dietahui dari hasil Hasil workshop di Batam, terkait BOP PAUD ini. Dana BOP PAUD ini  diberikan pemerintah pusat. Sementara SK penerimaan BOP PAUD yang bersangkutan akan kita ajukan ke BPKAD kabupaten OKU, baru dana tersebut dicairkan melalui rekening Bank sekolah penerima.

“Tahun ini dapat bantuan namanya BOP PAUD, dana bantuan ini untuk PAUD dan TK. Secara administrasi akan kita seleksi sesuai syarat dan ketentuannya ,” jelas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten OKU Drs Mahyudin Helmi, MM melalui Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Paranto didampingi Kasi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Heryani, SSos.

Namun secara detail, pihak dinas pendidikan kabupaten OKU belum mau menjelaskan besaran kisaran dana yang akan diterima masing-masing TK dan PAUD tersebut. setiap sekolah tidak akan menerima dana yang sama, jumlahnya berbeda sesuai dengan ketentuan masing-masing.

Sementara dalam petunjuk teknis penggunaan dana tersebut diperuntukan untuk operasional sekolah dengan rincian, untuk kegiatan pembelajaran 50 persen, kegiatan penunjang 35 persen, dan kegiatan lainnya 15 persen.

“Ini pertama kalinya penggunaan dana BOP PAUD, jangan sampai ada TK dan PAUD menggunakan bantuan ini menyimpang dari Juknis, dan ini perlu adanya pengawasan termasuk awak media,” tegasnya.

Sementara disinggung dengan berapa jumlah penerima BOP PAUD ini, dirinya menyatakan masih akan melakukan sekelsi terlebih dahulu. Namun BOP PAUD ini hanya untuk TK dan PAUD Swasta, TK dan PAUD swasta dikabupaten OKU saat ini berjumlah 232 sekolah.

“Dari jumlah tersebut akan kita seleksi lagi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku Sedangkan untuk TK dan PAUD berstatus negeri tidak dapat, hal ini dikarenakan sudah menerima bantuan lain,” Pungkasnya (Deni A. Saputra)

Komentar

Berita Lainnya