oleh

Pasca Bentrok Kondisi Mesuji OKI Kondusif

Tim dari pemerintah Kabupaten OKI saat mengunjungi kediaman korban tewas bentrok. Fhoto : Satpol PP OKI
Tim dari pemerintah Kabupaten OKI saat mengunjungi kediaman korban tewas bentrok. Fhoto : Satpol PP OKI

Satu Orang Tewas Dua Luka Bacok

KAYUAGUNG I Bentrok berdarah antara warga Mesuji, Provinsi Lampung dan warga Pematang Panggang, Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yang terjadi di Register 45, Sungai Buaya, Mesuji, Lampung, Ahad (27/3/2016) petang menewaskan seorang warga Mesuji OKI atas nama Kadir Cili dengan luka bacokan di sekujur tubuhnya. Sementara dua orang warga yang sama, Macan dan Soleh, terpaksa dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung.

Mengantisipasi bentrok susulan, petugas Kepolisian Resort (Polres) OKI menyiagakan personel di perbatasan antaran Pematang Panggang, Mesuji, OKI dengan Mesuji, Lampung.

Kapolres OKI, AKBP M. Zulkarnain melalui Kabag Ops, Kompol I Ketut Suarnaya membenarkan, bentrokan yang terjadi di register 45 Sungai Buaya, Mesuji, Lampung tersebut. Bentrok terjadi antara kelompok warga Mesuji, Lampung dengan kelompok Warga Pematang Panggang, Mesuji, OKI, Sumsel.

“Akibat betrokan itu, satu orang warga Pematang Panggang, OKI atas nama Kadir Cili tewas dengan luka bacok di tubuhnya. Dua warga Pematang Panggang lainnya, bernama Macan dan Soleh masih kritis dirawat di RSUD Kayuagung,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi bentrokan susulan atau penyerangan yang mungkin akan dilakukan kelompok dari Pematang Panggang, OKI. Pihaknya telah menyiagakan personel di Perbatasn Lampung dan OKI.

“Kita siagakan personel di perbatasan. Kapolsek Mesuji yang akan mengendalikan keamanan di sana untuk mengantisipasi jangan sampai ada pihak-pihak yang memprovokasi hingga terjadi bentrokan susulan,” ungkapnya lagi.

Dilanjutkan, Kapolsek setempat sudah diminta untuk terus berkoordinasi dengan Polsek Simpang Pematang, Lampung guna mendeteksi agar tidak ada bentrokan lagi. Selain itu, pihaknya juga meminta agar Kapolsek menyambangi keluarga korban.

“Terutama keluarga korban, harus kita berikan pengertian. Jangan sampai mereka terprovokasi untuk melakukan penyerangan. Proses hukumnya ditangani Polres Mesuji, Lampung karena Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah hukum Mesuji, Lampung. Tentunya upaya perdamaian akan di lakukan oleh berbagai pihak,” terangnya.

Situasi Mulai Kondusif

Pasca bentrok tersebut situasi Desa Pematang Panggang Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI mulai kondusif. Aktivitas warga juga berjalan normal seperti biasa, kegiatan belajar dan mengajar di sekolah niaga di pasar pun berjalan seperti semula.

Kondisi aman tersebut terjadi setelah aparat Pemerintah di Kabupaten OKI seperti kepolisian dan TNI memastikan kondisi desa tersebut tetap kondusif bahkan sejak pagi pihak Polres bersiaga di perbatasan Mesuji OKI dan Mesuji Lampung.

Kapolres OKI AKBP M Zulkarnain SIk melalui Kabag Ops Kompol I Ketut Suarnaya SIk mengatakan, untuk mengantisipasi terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, pihaknya telah menyiagakan personil di perbatasan Mesuji OKI dan Mesuji Lampung.

Sementera itu Bupati OKI melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Kabupaten OKI, Pratama Suryadi mengatakan Pasca kejadian, Pemerintah Daerah (Pemda) OKI sudah turun ke Pematang Panggang terutama menyambangi keluarga korban.

Tim ini terdiri dari Dandim 0402/OKI, Letkol Kav Dwi Irbaya.S, Camat Mesuji, Muchlis, Danramil 402-09/Mesuji, Kapten Kav Teguh Haryadi, Kapolsek Mesuji AKP S. Denni NS, Kadishub Kab.OKI Thohir yanto, Kasat Pol PP, Alexander Bastomi.

“Kita harapkan keluarga korban untuk dapat menahan diri, kita juga mengapresiasi pihak kepolisian dan TNI yang bertindak cepat untuk mengantisipasi terutama pengamanan diperbatasan,” ujar Pratama.

Dikatakannya perwakilan pihak Polda Lampung yang diwakili oleh Kombes Pol Zahrialdi Dirkrimsus Polda Lampung & Wakapolres Mesuji Lampung Kompol Pol Sigit Mananta juga menyambangi keluarga korban Alm Kodir di Dusun II Desa Pematang Panggang Kec.Mesuji OKI. (Romi Maradona)

Komentar

Berita Lainnya