oleh

Panwascam Tukaksadai Gelar Kelas Pengawasan untuk Pemilih Pemula

TUKAKSADAI – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tukaksadai menggelar kegiatan kelas pengawasan dan pendidikan pemilih pemula yang merupakan program dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Selatan (Basel).

Acara yang digelar di aula pertemuan SMKN 1 Tukaksadai, Rabu (14/10) pagi tersebut menghadirkan 35 peserta diantaranya kepala SMKN 1 Tukaksadai itu sendiri, para Taruna dan Taruni serta guru pendamping.

Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini digelar untuk memperkuat partisipasi masyarakat, khususnya kaum pelajar dalam melakukan tugas pengawasan.

Ketua Bawaslu Basel Sahirin berharap dengan adanya kegiatan kelas pengawasan ini akan semakin efektif mendorong keterlibatan pelajar untuk mengawasi dan memantau tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

Yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember nanti. Bentuk kegiatan ini akan dilaksanakan dengan metode pengajaran yang dilakukan oleh panwascam, dengan memberikan ruang diskusi antara pengawas dan pelajar.

“Melalui program ini kami harapkan dapat menjadi sarana pendidikan pemilu bagi para pemilih pemula, mendorong terciptanya partisipasi pelajar dalam pengawasan pemilu,” ujar Ketua Bawaslu Sahirin.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Panwascam Tukaksadai Yanti. Yanti mengungkapkan peran aktif pelajar dalam mengawal tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati kali ini sangat harapkan.

Demi terwujudnya pilkada yang berintegritas dan bermartabat. Apalagi pilkada kali ini memiliki tantangan yang cukup berat, karena dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 dan belum memiliki tanda-tanda akan berakhir.

“Selanjutnya kami harapkan, para taruna dan taruni bisa terlibat langsung dalam mengawasi hal-hal yang berpotensi terjadinya pelanggaran pemilu, seperti money politic, kampanye hitam, provokasi SARA, dan gangguan kamtibmas,” ungkapnya.

Sementara, Kepala SMKN 1 Tukaksadai Zaini Zein berharap kepada para taruna dan taruni dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin, agar bisa menggali lebih jauh lagi pengetahuan tentang dunia kepengawasan pemilu.

“Jadikan pilkada kali ini sebagai momen terbaik buat kalian untuk belajar berdemokrasi, dan jangan lupa sebagai warga negara yang baik gunakan hak pilihnya, jangan golput,” kata Kepala SMKN 1 Tukaksadai Zaini Zein.

Untuk itu, Zaini Zein mengajak seluruh peserta yang mengikuti untuk turut membantu kegiatan positif ini dengan ikut berpartisipasi aktif agar pikada nanti bisa terlaksana dengan aman dan lancar sesuai harapan bersama. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya