pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Pangkalpinang Masuk 10 Besar Anugerah Tinarbuka

119
×

Pangkalpinang Masuk 10 Besar Anugerah Tinarbuka

Sebarkan artikel ini
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menerima Tim Visitasi di SRC Pangkalpinang, Rabu (12/4/2023).
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menerima Tim Visitasi di SRC Pangkalpinang, Rabu (12/4/2023).

Molen menjelaskan tentang kondisi Kota Pangkalpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung dengan keberagaman suku,ras dan agama.

Di Pangkalpinang, kata Molen, masyarakat hidup rukun dan toleransi beragama. Tidak pernah ada konflik RAS, bahkan rumah ibadah berdiri berdampingan.

“Seperti paparan saya waktu itu, bukan untuk mencari juara atau penghargaan. Tapi senang sekali saya selangkah bisa maju memperkenalkan Pangkalpinang. Untuk menjadi pemimpin harus ada jiwa enterpreneur bagaimana ‘menjual’ Pangkalpinang agar semakin dikenal orang,” jelasnya.

Molen juga menjelaskan visi misi memimpin Kota Pangkalpinang ingin mewujudkan masyarakat SENYUM (Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Makmur). Banyak program yang langsung menyentuh ke masyarakat. Seperti program Jumat Bahagia, Ngopi Pekat, adalah program-program yang langsung bertemu masyarakat dan mendengarkan insipirasi langsung dari mereka.

“Mungkin ini program kami yang beda dengan daerah lain. Kalau aplikasi kami tidak pakai itu karena keterbatasan dan kota kami kecil. Saya rasa lebih efektif kalau bertemu langsung dengan masyarakat. Bahkan setiap pertemuan seperti itu saya berikan nomor telepon saya, jadi masyarakat bisa menyampaikan saran, kritik dan aspirasinya langsung,” jelas Molen.

Selama jadi walikota, Molen turun langsung ke lapangan dan berinteraksi ke masyarakat lebih efektif membangun keterbukaan informasi karena mendengar dan menyampaikan langsung ke mereka.

Ketua Bidang Kelembagaan Komisi Informasi Pusat, Fb. Fx. Handoko Agung Saputro mengatakan visitasi untuk melihat dorongan dan komitmen kepada daerah yang akan disematkan Anugerah Tinarbuka ini.

Fokus dalam hal ini gagasan dan inovasinya, visi dan misi serta yang paling penting bagaimana daerah itu mengalami kemajuan signifikan dengan masuknya kepala daerah itu. Makanya juga melibatkan Kemenpan-RB, Kemendagri dan Kemenpolhukam.

” Anugerah Tinarbuka ini dalam rangka memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2023,” sebutnya.

Sebelumnya Pemkot Pangkalpinang telah mengikuti audisi Anugerah Tinarbuka yang dilaksanakan di Tangerang hingga lolos 10 besar. (merpinas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *