pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Palembang Berhasil Turunkan Angka Pengangguran

281
×

Palembang Berhasil Turunkan Angka Pengangguran

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

PALEMBANG – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palembang yang dirilis 8 November 2023, angka pengangguran di kota metropolis ini turun 0,71 persen.

“Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Palembang Agustus 2023 sebesar 7,49 persen, turun sebanyak 0,71 persen dibandingkan Agustus 2022,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Palembang, Rediyan Deddy Umrien, Jumat (10/11/2023).

“Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) di Kota Palembang Agustus 2023 sebesar 67,51 persen, naik sebanyak 3,03 persen dibandingkan Agustus 2022,” ujarnya lagi.

Deddy menjelaskan, TPAK adalah persentase banyaknya angkatan kerja terhadap banyaknya penduduk yang berumur sepuluh tahun ke atas.

Tingkat partisipasi TPAK sendiri merupakan suatu indikator ketenagakerjaan yang memberikan gambaran tentang penduduk yang aktif secara ekonomi dalam kegiatan sehari-hari merujuk pada suatu waktu dalam periode survei. Semakin besar jumlah penduduk yang tergolong bukan angkatan kerja, semakin kecil jumlah angkatan kerja yang mengakibatkan semakin kecil TPAK.

“Yang pasti Pemkot Palembang terus berkomitmen untuk menekan angka pengangguran, Disnaker Palembang juga terus berupaya melakukan terobosan dan inovasi agar, pelaku usaha di Palembang membuka peluang kerja sebesar-besarnya bagi masyarakat Palembang,” jelasnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Plt. Kepala Inspektorat Palembang ini mengaku, capaian tersebut tak lepas dari kerja sama tim, sehingga berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

“Ini semua terjadi berkat kerja sama dan koordinasi semua pihak, mulai dari pemerintah, pelaku industri, hingga masyarakat. Ini juga berkat arahan dan bimbingan Pj. Walikota. Karena Pj. Walikota sangat konsen dan berkomitmen untuk menurunkan angka pengangguran,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *