oleh

Muba Siapkan SDM untuk Pengelolaan Energi Terbarukan

BANDUNG – Sebagai daerah penghasil minyak dan gas (migas) Kabupaten Musi Banyuasin terus berinovasi agar SDA yang dimiliki dalam pengelolaannya ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Tidak hanya mementingkan untuk mengambil dari kekayaan alam, namun dalam kaitan migas dan energi baru terbarukan, Pemkab Muba juga telah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk pengelolaanya agar tetap berkelanjutan dan berkontribusi untuk daerah sendiri.

“Dalam kaitan untuk konsep energi baru terbarukan, Muba telah menyediakan Muba Vocational Center (MVC) yang mana keberadaanya sebagai fasilitas untuk tenaga kerja lokal Muba dalam meningkatkan skill dan kompetensinya,” ungkap Plt Bupati Beni Hernedi SIP saat mengikuti Pembukaan Rapat Kerja Nasional Dua Dasawarsa Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) 2001-2021 dengan Tema “Dari Migas ke Energi Terbarukan” di The Trans Luxury Hotel Bandung, Kamis (9/12/2021).

Menurut Beni, keberadaan MVC sangat sentral untuk menyiapkan SDM dalam persiapan pengelolaan energi baru terbarukan. “Selain menyiapkan SDM yang handal dan siap kerja, MVC akan terus mengupgrade kebutuhan SDM di Muba, termasuk persiapan SDM untuk pengelolaan energi baru terbarukan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum ADPMET yang juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, dengan penyelenggaraan Rakernas Dua Dasawarsa ini menjadi momentum untuk persiapan anggota ADPMET dalam pengelolaan energi terbarukan.

“Semoga rakernas ini menjadi wadah kegiatan untuk bertukar pikiran dan pandangan, agar kita sebagai daerah penghasil migas benar-benar dapat turut andil pengelolaan yang benar, berkelanjutan, serta bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Dalam kesempatan Pembukaan Rapat Kerja Nasional Dua Dasawarsa Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) 2001-2021 dengan Tema “Dari Migas ke Energi Terbarukan”, Plt Bupati Beni Hernedi SIP turut didampingi Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Plt Kadisbun Akhmad Toyibir SSTP MM, dan Kabag Kerjasama Dicky Meiriando SSTP MH, Kabag Sumber Daya Alam Okta Rizal SE dan Plt Kabag Protokol dan Komitmen Pimpinan Rangga Perdana Putra. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya